UPACARA PENUTUPAN PELATIHAN SEARCH AND RESCUE PUSPENERBAL TAHUN 2020 DI JUANDA

Juanda
Diposkan oleh renbang, 14 November 2020 dibaca 53 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Firdha@Akhsanita

Juanda – Kamis ( 12/11/20), Komandan Kolat Puspenerbal Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E.,M.Tr(Han) mewakili Danpuspenerbal, secara resmi menutup pelatihan Search and Recuse ( SAR ) yang berlangsung selama tiga hari yang ditandai dengan  pelepasan tanda peserta dan pelatih sebagai simbol selesainya latihan  di Delta Krida Juanda.  Yang dihadiri oleh Pelatih, serta Kasatker di jajaran Puspenerbal.

KOMANDAN PUSPENERBAL BESERTA IBU MERESMIKAN GEDUNG JALASENASTRI KORCAB 1 PUSPENERBAL GABUNGAN MABESAL DI JUANDA

Juanda
Diposkan oleh renbang, 12 November 2020 dibaca 21 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Alya_Permata@sari

Juanda - Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H., M.Han didampingi Ibu Edwin  meresmikan Gedung  Jalasenastri Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal. Rabu,  (11/11/2020)

Pada acara kali ini dibuka oleh Komandan Puspenerbal,  sambutan dari Ketua Lion Club kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Direktur Utama PT.  MMF (Merpati Maintenance Facility,) bapak Rowin H. Mangkoesoebroto, seusai sambutan 𝘗𝘦𝘯𝘢𝘯𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯𝘢𝘯  Prasasti Gedung Jalasenastri Cabang I Puspenerbal Gabungan Mabesal dan dilanjutkan  𝘗𝘦𝘯𝘢𝘯𝘥𝘢𝘵𝘢𝘯𝘨𝘢𝘯𝘢𝘯  Surat Kerjasama Pinjam Pakai 3 pesawat eks pesawat terbang Merpati Airlines yang mana perjanjian tersebut antara pihak Puspenerbal dengan Pihak PT.  MMF, 𝘗𝘦𝘮𝘰𝘵𝘰𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘗𝘪𝘵𝘢 yang dilaksanakan oleh Ibu Ketua Cabang I Puspenerbal dan 𝘗𝘦𝘮𝘰𝘵𝘰𝘯𝘨𝘢𝘯 𝘛𝘶𝘮𝘱𝘦𝘯𝘨 oleh Komandan Puspenerbal dan diserahkan Kepada Ibu Ketua Cabang I,  kemudian dilanjutkan 𝘋𝘰𝘯𝘰𝘳 𝘋𝘢𝘳𝘢𝘩, dalam pelaksanaan donor darah bekerjasama dengan rekan PMI, Lion Club, PT Matahari Utama, termasuk juga dari Air Nav Indonesia sebagai bentuk kepedulian dalam memperingati Hari Pahlawan 10 November

Seusai melaksanakan donor darah Komandan Lanudal Juanda mendampingi Komandan Puspenerbal beserta para tamu undangan untuk melihat 3 pesawat terbang eks Merpati Airlines, yang mana ke 3 pesawat tersebut akan ditempatkan dan difungsikan antara lain pertama akan di jadikan sarana pelatihan bagi pasukan di jajaran Puspenerbal dalam latihan mengatasi 𝘛𝘦𝘳𝘰𝘳 , 𝘱𝘦𝘯𝘺𝘢𝘯𝘥𝘦𝘳𝘢𝘢𝘯, dan 𝘴𝘢𝘣𝘰𝘵𝘢𝘴𝘦 di pesawat udara dan kesempatan ini akan kita manfaatkan sebaik-baiknya.  
 

Kedua pesawat ini akan ditempatkan di depan Musium Tower Bandara Juanda. Dan ini akan menjadi satu sarana untuk edukasi bagi masyarakat maupun adik-adik pelajar, karena ada sebagian dari mereka yang belum berkesempatan untuk naik pesawat. 
 
Seusai peninjauan pesawat dilanjutkan dengan foto bersama dan diakhiri dengan ramah tamah, dalam pelaksanaan tetap menerapkan protokol kesehatan mematuhi protokol kesehatan Social & Physical Distancing menggunakan masker,  menjaga jarak dan menggunakan Handsanitizer guna mencegah virus Corona (Covid-19) yang sedang melanda di negara Indonesia tercinta ini.
 

Hadir pada acara ini Wadan Puspenerbal, Para Pejabat Teras Puspenerbal, Komandan Wing Udara 2, Komandan Kolat Penerbal,  Kafasharkan Pesud, dan Ibu-ibu Pengurus Jalasenastri Cab 1, Cab 2, Cab 9 Puspenerbal

DANPUSPENERBAL MENGHADIRI UPACARA PERINGATAN HARI PAHLAWAN DI TUGU PAHLAWAN

Surabaya
Diposkan oleh renbang, 12 November 2020 dibaca 10 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Corik

Surabaya - Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H., M.Han. menghadiri Upacara Peringatan Hari Pahlawan di Tugu Pahlawan (Selasa, 10 November 2020).

DANPUSPENERBAL MENGHADIRI SARAHSEHAN DALAM RANGKA MENGINGAT KEMBALI SEJARAH KEPAHLAWANAN PADA 10 NOVEMBER 1945, BAGI GENERASI MUDA KHUSUSNYA ANGGOTA PRAMUKA JAWA TIMUR

Juanda
Diposkan oleh renbang, 12 November 2020 dibaca 12 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Puspenerbal

Juanda (10 November 2020) -  Komanadan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut Laksamana Muda TNI Edwin S.H., M.Han, selaku Kamabisaka Bahari menghadiri Sarahsehan yang bertema  "MENGINGAT KEMBALI SEJARAH KEPAHLAWANAN PADA 10 NOVEMBER 1945, BAGI GENERASI MUDA KHUSUSNYA ANGGOTA PRAMUKA JAWA TIMUR" di Gedung Balai Prajurit RM Moedjono Poebonegoro Puspenerbal Juanda.

Dalam kegiatan tersebut Komandan Puspenerbal selaku Kamabisaka Bahari memberikan 10 point penting yang harus ditanamkan pada generasi muda agar menjadi pedoman, diantaranya :
 
1. Membangkitkan Kembali nilai-nilai kepahlawanan.  Seorang pahlawan memiliki mental, spirit, atau jiwa yang relawanan. 
2. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa-jasa para pahlawannya, seperti kata Bung Karno.
3. Sebagai penerus Kita harus mampu mengenang dan menghargai pejuangan, pengorbanan para pahlawan dan pemimpin bangsa yang menjadi simbol negara Indonesia.
4. Bangsa ini sedang membutuhkan banyak pahlawan, pahlawan untuk mewujudkan Indonesia yang damai, Indonesia yang adil dan demokratis, dan Indonesia yang sejahtera, bersih dan bebas korupsi.
5. Setiap orang harus berjuang untuk menjadi pahlawan. Karena itu, hari pahlawan tidak hanya pada 10 November, tetapi berlangsung setiap hari dalam kehidupan sehari-hari. Setiap hari kita berjuang paling tidak menjadi pahlawan untuk diri kita sendiri dan keluarga.
6. Peringatan Hari Pahlawan bukan hanya menjadi untuk mengenang jasa para pahlawan, namun juga menjadi momentum untuk melakukan introspeksi diri bukan atas apa yang telah diberikan oleh negara kepada kita akan tapi apa yang telah kita diberikan pada bangsa ini serta memunculkan semangat baru dalam implementasi nilai-nilai kepahlawanan dalam kehidupan sehari-hari.
7. Negeri ini membutuhkan pemuda yang kokoh dengan jati dirinya, mempunyai karakter lokal yang luhur, percaya diri dan peka terhadap permasalahan sosial sehingga mampu terlibat dalam usaha-usaha kesejahteraan sosial, memberikan pelayanan sosial bagi mereka yang membutuhkan pertolongan sosial.
8. Tugas para generasi baru sat ini adalah memberi makna baru kepahlawanan dan mengisi kemerdekaan sesuai dengan perkembangan zaman. 
9. Anak muda juga harus terlibat dalam memajukan sektor pendidikan.
10. Kegiatan ini sejalan dengan program prioritas Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E.,M.M., dalam pembangunan sistem kekuatan yang bersinergi.
 

Kegiatan ini tetap mengutamakan protokol kesehatan, turut Hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Gubernur Jawa Timur, Dan Seluruh Pejabat Puspenerbal serta Tamu Undangan Pramuka.

 

DANPUSPENERBAL MENYAMBUT KUNJUNGAN KERJA WAGUB JATIM DI MAKO PUSPENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 5 November 2020 dibaca 44 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : corik

Juanda - Komandan Puspenerbal Laksamana Muda TNI Edwin S.H., M.Han. menyambut kedatangan wakil Gubernur Jawa Tumur Emil Dardak  di Loby Mako Puspenerbal  (selasa 3/11/2020).

DANPUSPENERBAL MENGHADIRI PISAH SAMBUT PANGDAM V BRAWIJAYA DI GEDUNG BALAI PRAJURIT

Juanda
Diposkan oleh renbang, 5 November 2020 dibaca 23 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : corik

Surabaya - Acara pisah sambut kali ini merupakan rangkaian dari serah terima jabatan  Pangdam V Brawijaya dari Mayjen TNI Widodo Iryansah, S,Sos,M.M.,  kepada Mayjen TNI Suharyanto, S,Sos,M.M.,

KOLAT PENERBAL MELAKSANAKAN KEGIATAN RAPID TEST SEBAGAI PENCEGAHAN COVID 19

Juanda
Diposkan oleh renbang, 5 November 2020 dibaca 14 kali

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda - Kolat Penerbal melaksanakan protokol kesehatan di antaranya Rapid test  yang diberlakukan oleh pemerintah sebagai upaya pendeteksian dini serta pencegahan pemutusan penyebaran Virus Corona (Covid-19) bagi seluruh Personel Kolat Penerbal, Selasa (02/11/2020).

WUJUD NYATA JAGA KETAHANAN PANGAN, JALASENASTRI WING UDARA 2 PANEN JAGUNG DAN CABAI

Juanda
Diposkan oleh renbang, 20 Oktober 2020 dibaca 24 kali

Reporter : Pen_Wing U 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing U 2

Ditengah wabah Pandemi Covid-19 serta sibuknya mengurus keluarga para istri anggota Wing Udara 2 yang tergabung dalam suatu organisasi yaitu Jalasenastri Cabang 2 Korcab 1 Puspenerbal, turut berperan aktif  dan ambil bagian dalam menjaga ketahanan pangan keluarga Wing Udara 2.

KOMANDAN KOLAT PENERBAL PIMPIN PELAKSANAAN SERTIJAB WADAN KOLAT PENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 15 September 2020 dibaca 62 kali

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda - Pada hari ini, Selasa tanggal 08 Agustus 2020, Komandan Kolat Penerbal Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M.Tr (Han) memimpin serah terima jabatan Wakil Komandan Kolat Penerbal dari Letkol Laut (P) Biyanto kepada Letkol Laut (P) Wahjoedi Djoko S.,

PRAJURIT KOLAT PENERBAL PERINGATI HUT TNI ANGKATAN LAUT KE-75 TA 2020 SECARA VIRTUAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 15 September 2020 dibaca 45 kali

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda - Pasminlog Kolat Penerbal Letkol Laut (KH) Djoko Haryatmo, M. Tr.Hanla, M.M. mewakili Komandan Kolat Penerbal Kolonel Laut (P) Henoch N.V., S.H., M. Tr(Han) beserta seluruh prajurit Kolat Penerbal mengikuti Upacara secara virtual Peringatan HUT TNI Angkatan Laut ke-75 tahun 2020 yang di gelar di Lobby Mako Kolat Penerbal. Kamis 10/09/2020.

IBU KETUA CABANG 11 KORCAB I PUSPENERBAL GABUNGAN JALASENASTRI MABESAL (JALASENASTRI KOLAT PENERBAL) MENGUKUHKAN PENGURUS BARU

Juanda
Diposkan oleh renbang, 21 Agustus 2020 dibaca 80 kali

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Kolat_Penerbal

Juanda - Dalam sebuah organisasi khususnya Jalasenastri, kehadiran pengurus sangat diperlukan untuk membantu seorang ketua dalam menjalankan program kerja sesuai visi dan misi.

PRAJURIT KOLAT PENERBAL MELAKSANAKAN UPACARA DETIK DETIK PROKLAMASI HUT RI KE-75 SECARA VIRTUAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 21 Agustus 2020 dibaca 51 kali

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Kolat_Penerbal

Juanda - Dalam rangka melaksanakan Upacara HUT RI Ke-75 secara virtual tepat Pukul 10.17 WIB. Komandan Kolat Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M.Tr(Han) bersama seluruh prajurit Kolat Penerbal mengikuti rangkaian upacara detik detik Proklamasi secara virtual di lobby Mako Kolat Penerbal.

KAFASHARKAN PESUD MELEPAS 3 PRAJURIT YANG MEMASUKI MASA PURNA

Juanda
Diposkan oleh renbang, 30 Juli 2020 dibaca 223 kali

Reporter : Pen_Fasharkan_Pesud
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Serka_Dessi

Juanda (30/06/20) - Kafasharkan Pesud Kolonel Laut (T) Bambang Yunianto, S.E., M.Han. melepas 3 prajurit terbaiknya yang telah memasuki Purna Tugas yaitu Peltu Purn. Edi Purwanto, Pelda Purn. Sasmito Edi, Pelda Purn. Juhardik.

CREW PESUD TNI AL MENGHADIRI PRESENTASI UAV RAJAWALI S-100 DAN SEA SURVIVAL AND RESCUE TRAINING SYSTEM

Juanda
Diposkan oleh renbang, 28 Juni 2020 dibaca 119 kali

Reporter : PenPus
Editor : MaySolik
Fotografer : PenPus

Komandan Puspenerbal Laksma TNI Edwin, S.H., M.Han., mengahadiri presentasi Rajawali S-100 PTTA (pesawat terbang tanpa awak) dan Sea Survival Training System di Ballroom Hotel Premier Palace.

KOMANDAN PUSPENERBAL PIMPIN UPACARA HUT KE-64 PENERBANGAN TNI AL TH. 2020 BERSAMA JAJARAN PUSPENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 17 Juni 2020 dibaca 292 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Pen_puspenerbal
Fotografer : Pen_Puspenerbal

(Puspenerbal 17/06/2020) - Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin S.H., M.Han memimpin Upacara peringatan Hari Ulang ke-64 Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2020, kali ini HUT Penerbangan TNI AL mengambil tema “Penerbangan TNI AL Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya”, dan upacara dilaksanakan di Apron Hanggar Fasharkan Pesud Puspenerbal Juanda.

PANEN RAYA KETAHANAN PANGAN PUSPENERBAL BERSAMA DANPUSPENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 4 Juni 2020 dibaca 121 kali

Reporter : Damz
Editor : MaySolik
Fotografer : Pen_Pus

Juanda - Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H. M.Han., beserta Komandan jajaran Puspenerbal melaksanakan panen raya ketahanan pangan, Kamis (04/06/20) di sawah area heli deck.

KOMANDAN PUSPENERBAL IKUTI VICON PENGARAHAN KASAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 4 Juni 2020 dibaca 116 kali

Reporter : Pen_PusPen
Editor : MaySolik
Fotografer : Pen_Puspen

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin S.H. M.Han ikuti Vicon pengarahan Program Perioritas Kasal Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., di Ruang Rapat Mako Puspenerbal Kamis (04/05/20). Pelaksanaan vicon tersebut langsung dari Mabesal (Markas Besal Angkatan Laut) Cilangkap Jakarta, Program Perioritas yang disampaikan oleh Kasal kepada Pangkotama, para Komandan Lantamal hingga Komandan Puspenerbal antara lain sembilan Program Perioritas hingga beberapa bidang TNI AL yang harus dilaksanakan oleh Jajaran TNI AL se-Indonesia kedepan.

DANPUSPENERBAL MENYAMBUT KEDATANGAN KETUA BNPB DAN MENKES DI BASE OPS LANUDAL JUANDA

Juanda
Diposkan oleh renbang, 2 Juni 2020 dibaca 101 kali

Reporter : Pen_Pus
Editor : MaySolik
Fotografer : Pen_Pus

Pagi tadi tepatnya pukul 08.10 WIB Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han didampingi Wadan Puspenerbal dan Para Direktur Puspenerbal menyambut kedatangan rombongan Letjen TNI Doni Monardo (Ketua BNPB) dan Letjen TNI (Purn) Dr. dr. Terawan Agus Putranto (Menteri Kesehatan RI) di Baseops Lanudal Juanda dalam rangka program Kunjungan Kerja di Wilayah Kota Surabaya. Dalam penyambutan diawali laporan oleh Kolonel Laut (P) Tohir selaku Komandan Lanudal Juanda kepada Letjen TNI Doni Monardo. Selasa (02/06).

PRAJURIT MAKO PUSPENERBAL MELAKSANAKAN PELATIHAN PENANGGULANGAN PENYEBARAN COVID - 19

Juanda
Diposkan oleh renbang, 5 Mei 2020 dibaca 185 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Yu_Dha

Juanda (05/05), akhir-akhir ini mewabahnya virus covid - 19 di seluruh indonesia mengakibatkan dampak buruk bagi semua kalangan masyarakat terutama pada keluarga prajurit Puspenerbal, dengan terjadinya wabah tersebut Komandan Puspenerbal yang mewakili Wadan Puspenerbal Kolonel Laut (P) Sisyani Jaffar membuka kegiatan pelatihan penanggulangan penyebaran Covid - 19 selama 4 hari kedeapan di Mako Puspenerbal.

KOMANDAN PUSPENERBAL MENGHADIRI UPACARA PENUTUPAN PENDIDIKAN PENERBANG TNI-AL ANGKATAN KE XXIII TA 2018

Juanda
Diposkan oleh renbang, 17 Januari 2020 dibaca 242 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Sertu_Corik

Komandan puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin S.H. M., Han menghadiri upacara penutupan pendidikan penerbang TNI-AL  angkatan ke XXIII TA 2018 di base op Lanudal juanda (17/1/2020)

PESAWAT LATIH PIPER ARCHER SIAP MEMBANTU PUSPENERBAL MENCETAK PRAJURIT PENERBANG YANG HANDAL

Lanudal_Juanda
Diposkan oleh renbang, 20 Desember 2019 dibaca 562 kali

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Sertu_Lilik

Penghormatan militer mengawali kedatangan 5 Pesawat Latih Piper Archer Dx PA-28-181 buatan Florida USA yang telah hadir dijajaran Puspenerbal pada Jum'at tanggal 20 Desember 2019 di Apron Base Ops Lanudal Juanda, kebutuhan akan pesawat latih sangat diperlukan sebagai bagian dari sub system pembangunan Sistem senjata Armada Terpadu (SSAT).

PRAJURIT TNI ANGKATAN LAUT JAJARAN PUSPENERBAL LAKSANAKAN LATBINSAT BULAN TRISILA 2019

Juanda
Diposkan oleh renbang, 12 Desember 2019 dibaca 213 kali

Reporter : Hindrawan
Editor : MaySolik
Fotografer : Pen_Pus

Sebanyak 180 prajurit Penerbangan TNI Angkatan Laut antusias mengikuti setiap lomba dalam pelaksanaan Latihan Pembinaan Satuan (Latbinsat) jajaran Puspenerbal tahun 2019, Kamis (12/12). Latbinsat Jajaran Puspenerbal tersebut digelar dalam rangka memperingati Bulan Trisila TNI Angkatan Laut yang dicanangkan oleh Kepala Staf Angkatan Laut tahun ini.

QUESIONER BULAN TRISILA DI JAJARAN PUSPENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 10 Desember 2019 dibaca 241 kali

Reporter : HINDRAWAN
Editor : MySolik
Fotografer : Pen_pus

Dalam rangka Bulan Trisila TNI Angkatan Laut, sebanyak 342 Prajurit Jajaran Puspenerbal mengikuti kegiatan pengisian quesioner Bulan Trisila yang selenggarakan oleh Dinas Informasi dan Penelolahan Data TNI-AL (Disinfolahtal). Pengisian quesioner Bulan Trisila di jajaran Puspenerbal dengan peserta dari Prajurit Pangkalan Udara TNI Angkatan Laut, Wing Udara, Fasharkan Pesud dan Prajurit Kolat Penerbal yang terdiri dari 29 Pamen, 49 Pama, 150 Bintara, dan 96 Tamtama bertempat di Gedung Appron Hanggar 2 (dua) Fasharkan Pesud Juanda, Senin (9/12/2019).

PEMBUKAAN LATIHAN PEMBINAAN SATUAN DALAM RANGKA BULAN TRISILA TNI ANGKATAN LAUT DIPUSPENERBAL

Juanda
Diposkan oleh renbang, 10 Desember 2019 dibaca 207 kali

Reporter : hindrawan
Editor : Maysolikin
Fotografer : pen_pus

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han membuka latihan Pembinaan Satuan (Lat Binsat) dalam rangka Bulan Trisila TNI Angkatan Laut dilingkungan Puspenerbal dan Jajarannya pada Upacara Gabungan di Lapangan Hanggar Pesud TNI Angkatan Laut Fasharkan Pesud Puspenerbal, Senin (09/12).

Bulan Trisila TNI Angkatan Laut merupakan kebijakan dari Pimpinan TNI Angkatan Laut yang dilaksanakan secara serentak  oleh satuan TNI Angkatan Laut dari Sabang hingga Merauke sejak 5 Desember 2019 hingga 15 Januari 2020. Bulan Trisila TNI Angkatan Laut mengandung nilai-nilai yang harus di pedomani oleh setiap prajurit dan PNS TNI Angkatan Laut yakni Disiplin, Hierarki dan Kehormatan Militer.

PERJANJIAN KERJASAMA ANGKASA PURA II (PERSERO) BANDAR UDARA RHF DAN TNI ANGKATAN LAUT

Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang, 26 Juli 2019 dibaca 360 kali

Reporter : Pen_LanTPI
Editor : MayRivans
Fotografer : Pen_LanTPI

PT. Angkasa Pura II (Persero) Kantor Cabang Bandar Udara Raja Haji Fisabilillah dan TNI Angkatan Laut melaksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama mengenai Pendayagunaan Aset Tetap Perusahaan untuk penggunaan taxiway dan jalan penghubung TNI Angkatan Laut menuju runway Bandara Raja Haji Fisabilillah Tanjungpinang.

SEJARAH SINGKAT PENERBANGAN ANGKATAN LAUT

Juanda
Diposkan oleh , 18 Juni 2010 dibaca 7.501 kali

Reporter :
Editor :
Fotografer :

Gagasan awal membentuk Penerbangan Angkatan Laut sebenarnya telah muncul sejak masa revolusi. Gagasan tersebut terutama muncul dari para mantan anggota MLD – Marine Luchtvaart Dienst (Dinas Penerbangan Angkatan Laut Belanda). Periode 1950 – 1956 pemikiran itu mulai direalisasikan dengan merekrut para pemuda Indonesia sebagai penerbang, sesuai klausul perjanjian perdamaian KMB (Konperensi Meja Bundar) yang ditandatangani pada tahun 1949 di mana pemerintah Kerajaan Belanda akan membantu pembangunan Angkatan Perang RIS (Republik Indonesia Serikat). Dua pemuda Indonesia pertama yang dikirim mengikuti pendidikan penerbang di KIM – Koninklijk Instituut voor de Marine di negeri Belanda adalah taruna Hamami dan Tjokroadiredjo. Untuk memantapkan kesiapan, pimpinan ALRI juga mengirim pemuda-pemuda Indonesia terbaik untuk mengikuti pendidikan penerbang dan navigator di Inggris, termasuk bintara untuk teknisi pesawat dan pengatur lalu lintas udara.

JEJAK HISTORIS PENERBANGAN TNI AL

Juanda
Diposkan oleh , 19 November 2008 dibaca 4.786 kali

Reporter :
Editor :
Fotografer :

      Perang Dunia ke dua memberikan pengalaman berharga bagi eksistensi dan perkembangan penerbangan angkatan laut di dunia. Demikian pula dengan berbagai penemuan di bidang teknologi penerbangan dan keangkatanlautan telah memberikan sumbangan berharga bagi pengoperasian unsur-unsur penerbangan angkatan laut selanjutnya penempatan pesawat-pesawat udara tidak lagi didominasi oleh kapal-kapal induk dan kapal-kapal amfibi raksasa, karena kapal-kapal kombatan semacam fregat, pemsak (destroyer) dan penjelajah (cruiser) mampu membawa helikopter untuk menambah kemampuan tempurnya. Peran yang sangat penting dari helikopter tersebut adalah penggunaannya dalam peperangan anti kapal selam dan peperangan ranjau. Begitu pula pada operasi-operasi laut masa kini yang dilakukan oleh berbagai negara seperti Angkatan Laut Inggris pada Perang Malvinas dan Angkatan laut Amerika Serikat pada Perang Teluk, semakin meneguhkan keyakinan betapa kehadiran kesenjataan udara yang menjadi bagian integral dari sebuah Angkatan Laut sangat signifikan.