TINGKATKAN KEMAMPUAN DALAM MENDUKUNG TUGAS POKOK SKUADRON 400 WING UDARA 2 LAKSANAKAN LATIHAN SLING LOAD
Juanda
Diposkan oleh renbang 20 November 2019 pukul 06:27:29PM
Update terakhir 20/11/2019, 06:28:48PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Dalam mendukung kegiatan operasional Skuadron 400 Wing Udara 2, Pusat Penerbangan Angkatan Laut selalu meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para pengawak Pesud. rabu (20/11/2019).

Pada kesempatan kali ini kegiatan yang dilaksanakan adalah pengoperasian cargo Sling pada helikopter jenis BO-105 Bolkow nomor lambung HE-4113. Kegiatan latihan ini dikenal dengan  Sling Load operation, Yaitu pemindahan barang dengan menggunakan cargo hook dan Sling yang terpasang di bawah badan Heli.

Helikopter yang diterbangkan pilot  diharapkan mampu untuk membawa beban yang digantungkan pada cargo hook helikopter dari satu tempat ke tempat lain dengan aman dan selamat.

Aplikasi kegiatan ini adalah apabila barang yang dibawa tidak dapat dimuat di kabin Heli karena bentuk dan ukurannya sehingga harus dibawa di luar kabin, dapat juga pada pelaksanaan membawa banner.

Latihan ini dilaksanakan untuk menunjang kegiatan operasional Skuadron 400 dalam kesiapan seluruh personel dalam menghadapi medan operasi yang sesungguhnya maupun kegiatan operasional non perang seperti dukungan logistik, evakuasi, dan sebagainya.

Pengoperasian Sling load ini tentunya harus berdasar pada standard operasi dan prosedur(SOP) yang sudah ada, sekaligus menguji apakah SOP masih valid atau perlu perbaikan. Kegiatan yang  dilaksanakan di  circuit pattern Delta Apron Skuadron 400 Juanda, Surabaya, berjalan aman dan lancar.

 



Anda pembaca ke 181 dari 181