SKUADRON 400 WING UDARA 2 MENDUKUNG PELATIHAN EVAKUASI MEDIS UDARA FAKULTAS KEDOKTERAN MAHASISWA UHT
Juanda
Diposkan oleh renbang 22 November 2019 pukul 04:02:31PM
Update terakhir 22/11/2019, 04:18:36PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Kamis, 21 November 2019 – Ilmu kesehatan berkaitan dengan ilmu penerebangan, di mana unsur udara dibutuhkan dalam faktor kecepatan evakuasi korban.

Skuadron 400 Wing Udara 2 merupakan skuadron helikopter milik TNI Angkatan Laut yang mempunyai kemampuan melaksanakan EMU (Evakuasi Medis Udara), baik dari Bandara ke Rumah Sakit ataupun di daerah yang tidak bisa didarati oleh Pesud menuju Rumah sakit. Kemampuan Heli melaksanakan Vertol( vertical take off landing) dan kemampuan menaik-turunkan personel dari posisi hover adalah keunggulannya.

Pada kesempatan kali ini (21/11) Skuadron 400 menerima kunjungan dari Fakultas Kedokteran Universitas Hang Tuah dalam rangka Praktikum lapangan tentang EMU di skuadron 400 Wing Udara 2. Kegiatan ini program kerja rutin yang diselenggarakan agar para mahasiswa dapat memahami dan mengerti standard operasional prosedur evakuasi korban menggunakan jenis helikopter yang berbeda, khususnya dalam proses embarkasi dan debarkasi pasukan.

Para mahasiswa mendapatkan penjelasan mengenai fungsi kegunaan alat alat pendukung EMU (Evakuasi Medis Udara) seperti Tandu NR, Rescue Net, horse scollar dari instrukur yang merupakan anggota Skuadron 400 yang berpengalaman dalam bidang evakuasi medis udara.

Kegiatan dilaksanakan di Shelter Helikopter dan  Apron Delta Skuadron 400 Juanda, Surabaya. Kegiatan ini menggunakan alat peraga sesungguhnya yang merupakan Alutsista Skuadron 400 Wing Udara 2 milik Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar disertai antusias dan semangat yang tinggi dari para mahasiswa dan mahasiswi.

 



Anda pembaca ke 224 dari 224