SKUADRON 400 WING UDARA 2 LAKSANAKAN PENCUCIAN HELI UNTUK MENJAGA KESIAPAN OPERASIONAL
Juanda
Diposkan oleh renbang 12 November 2019 pukul 05:23:59PM
Update terakhir 12/11/2019, 05:27:31PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Selasa, 12 November 2019 – Sebagai skuadron pembina unsur dan pengawak helikopter di jajaran Wing Udara 2, Skuadron Udara 400 selalu berupaya untuk terus menjaga dan meningkatkan kesiapan unsur-unsur yang dimiliki. Kali ini (12/11), sesuai jadwal yang sudah direncanakan, Skuadron yang juga memiliki nama panggilan “Skuadron Gurita” ini melaksanakan pencucian Helikopter yang berada di Shelter.

 

Kegiatan ini dimulai dengan membersihkan  bodan helikopter, dalam kabin serta diakhiri dengan pencucian.


Aktivitas ini merupakan salah satu kegiatan yang umumnya dinilai tidak berpengaruh terhadap kesiapan operasional, namun sangatlah penting dilaksanakan khususnya terhadap Alutsista pesawat udara. Kebersihan helikopter sendiri merupakan salah satu standard safety dalam dunia penerbangan, sehingga kesadaran ini sangat penting dimiliki oleh setiap Air Crew Helikopter TNI AL sebagai wujud kepedulian terhadap Alutsista yang dimiliki.

Pada kesempatan kali ini, terlihat crew dari Helikopter jenis AS-565 Mbe Panther nomor lambung HS-4209 sedang bergotong-royong dalam melaksanakan pembersihan dengan semangat serta jiwa kebersamaan dalam menunjang budaya safety di bidang penerbangan untuk menunjang kesiapan operasional unsur-unsur Skuadron 400.

Pembersihan terhadap unsur Heli yang dimiliki, tidak hanya semata-mata sebuah rutinitas dan kewajiban yang harus dilaksanakan untuk menunjang budaya safety dan meningkatkan kesiapan operasional alutsista, namun juga sebagai kegiatan yang disukai para Air Crew serta dapat dijadikan sebagai kegiatan sampingan/diluar rutinitas pekerjaan sehari-hari yang dapat menghilangkan penat akan rutinitas yang dilakukan. Kegiatan pembersihan helikopter di Skuadron 400 seringkali dilaksanakan dengan diiringi alunan musik serta canda tawa yang memberikan kesempatan untuk para Air Crew saling berinteraksi.
 
 


Anda pembaca ke 226 dari 226