SKUADRON 200 WING UDARA 2 KEMBALI MENCETAK CAPTAIN PILOT PESAWAT LATIH BONANZA
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 26 November 2019 pukul 07:57:57PM
Update terakhir 27/11/2019, 08:29:05PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Selasa, 26 November 2019, skuadron 200 wing udara 2 kembali mencetak Captain pilot pesawat latih Bonanza G-36. Lettu Laut (P) Galih Andre, setelah menyelesaikan serangkaian terbang dalam rangka Captaincy training dan secara resmi dinyatakan safe and released as  Capt. Pilot G-36 Bonanza. Captaincy training adalah program yang  harus dilalui oleh seorang Pilot untuk menuju tahap lebih tinggi dari Co-pilot menjadi capt. Pilot. 

Program captaincy training dilalui dengan beberapa tahap, mulai dari ground training, ujian dan flight training, yang tentunya juga harus melaksanakan fase simulator,  karena seorang Capt. Pilot harus mengenal dan menguasai betul karakter pesawat itu sendiri baik dari performance maupun manuver pesawat tersebut pada saat terbang. Setelah mengenal karakter pesawat, sang Pilot diuji dengan berbagai macam manuver  terbang , sampai kondisi  emergency baik saat di udara maupun saat proses take off dan landing. 

Captaincy adalah program yang dilaksanakan oleh Pusat Penerbangan TNI AL bagi Penerbang TNI AL sebagai bukti kelayakan dan kemampuan untuk sepenuhnya mengawaki dan menjadi kapten suatu pesawat baik jenis pesawat sayap tetap ( Fix Wing ) maupun pesawat sayap putar ( Rotary Wing ). 

 
Setelah dapat melalui semuanya tersebut dan dinilai pantas, akhirnya Instruktur  penguji yaitu kapten Laut (P) Widyas me-release Lettu Laut (P)  Galih Andre menjadi Captain Bonanza, Lettu Galih dapat membawa pesawat sendiri dan bukan sebagai co-pilot seperti jabatan sebelumnya melainkan sebagai Capt.pilot. Beberapa tradisi perayaan tidak lupa mewarnai selesainya program tersebut.


Anda pembaca ke 343 dari 343