PRAJURIT GURITA WING UDARA 2 LAKSANAKAN DRILL FASTROPE UNTUK MENDUKUNG OPERASI KHUSUS
Juanda
Diposkan oleh renbang 22 November 2019 pukul 08:55:32PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Jumat, 22 November 2019 – Fast rope adalah adalah teknik untuk menuruni tali dengan meluncur dari helikopter ke sasaran di mana Heli tidak bisa landing,  tali tidak melekat (terikat)pada tubuh,  tetapi dipegang dengan tangan yang bersarung dan kakinya.

Biasa dilakukan dan sangat berguna untuk pasukan khusus seperti marinir atau pasukan katak  yang dapat menggunakan teknik ini Fast rope Ini lebih cepat daripada rappelling, namun lebih berbahaya,  terutama jika orang tersebut membawa beban berat.

Oleh karena itu perlu dilaksanakan latihan rutin untuk mencapai tingkat kesiapan dalam mendukung operasi khusus yang dalam hal ini metode Fastrope, sehingga terjalin komunikasi yang baik antara Crew Heli dan Pasukan, kesamaan pola tindak untuk memitigasi resiko yang terjadi pada kegiatan ini.

Sebelum melaksanakan latihan yang sebenarnya, perlu dilaksanakan pengenalan materi dan drill kering terlebih dahulu pada pasukan yang akan melaksanakan latihan dengan Helikopter. Pada kesempatan kali ini, Skuadron 400 Wing Udara 2 melaksanakan penjelasan materi latihan dan drill kering metode Fastrope dengan pasukan Intai Amfibi (Taifib) Marinir Pasmar 2 Surabaya.

Kegiatan latihan dilaksanakan di Shelter Helikopter,  Delta Apron Skuadron 400 Juanda, Surabaya, dengan menggunakan unsur Skuadron 400 yaitu 1 helikopter jenis Bell-412 dan 1 Helikopter jenis AS 565 Mbe Panther. Standart Operasional Prosedur latihan disampaikan serta diaplikasikan oleh Pasukan Taifib Marinir di Alutsista yang sebenarnya.

Kegiatan pengenalan dan drill kering metode Fastrope berjalan dengan aman dan lancar.

 



Anda pembaca ke 182 dari 182