PESAWAT BONANZA G-36 SKUADRON 200 WING UDARA 2 LAKSANAKAN TEST FLIGHT KELAIKAN TERBANG
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 29 November 2019 pukul 05:58:18AM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Pada hari Kamis,28 November 2019. Telah dilaksanakannya Test flight kelaikan terbang Pesud Bonanza G-36 yang dimiliki oleh Skuadron 200 Wing Udara 2 yang diterbangkan oleh pilot Mayor laut (P) Eko Andriyanto dan didampingi oleh co-pilot Kapten laut (P) Adhitya Tri Widyastama.

Pelaksanakan test flight kelaikan terbang ini adalah persyaratan untuk mendapatkan Sertifikat Laik Udara dan Pesud Bonanza G-36 yang diuji saat itu memenuhi persyaratan untuk digunakan dalam mendukung operasi dan latihan. Pelaksanaan terbang uji kelaikan dilakukan apa bila masa berlaku SLU habis atau setelah Pesud menyelesaikan  perbaikan atau pemeliharaan berkala yang dilaksanakan oleh Fasharkan Pesud.
Kegiatan kelaikan tersebut juga diiikuti oleh personil dari Satlaik atau Dislaikmatal sebagai instansi TNI AL yang berwenang mengeluarkan tanda bukti lullus uji kelaikan berupa SLU/ Surat Laik Udara.

Dalam pelaksanaan terbang kelaikan ini apabila pesawat Bonanza G-36 telah dinyatakan lulus dalam berbagai penilaian dan persyaratan yang dinyatakan dengan dikeluarkan SLU
maka pesawat Bonanza G-36 dapat beroperasi kembali dan mendukung pelaksanakan kegiatan di Skuadron Udara 200 sebagai Skuadron latih pembentuk penerbang penerbang muda TNI AL. Pada intinya kegiatan Test Kelaikan ini sangat berguna dalam penentuan layak atau tidaknya suatu pesawat itu untuk diterbangkan atau dioperasikan.
 
Surat Laik Udara sendiri mempunyai masa berlaku yang sudah ditentukan secara berjangka selama Satu tahun dan akan dilaksanakan uji kelaikan kembali apabila sudah habis masa berlakunya.
 


Anda pembaca ke 311 dari 311