PENTINGNYA PERAN MARSHALER DAN VCP SKUADRON 400 WING UDARA 2 DALAM MELAKSANAKAN MISI PENERBANGAN HELI
Juanda
Diposkan oleh renbang 20 November 2019 pukul 04:03:02AM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Selasa, 19 November 2019 – Sebagai insan penerbangan, seorang pilot maupun crew Pesud yang melaksanakan penerbangan selalu menjunjung tinggi standard operasi dan prosedur untuk mencapai Safety dan zero accident.

Dalam kegiatan take off dan landing yang dilaksanakan tidak di Bandara( diperlengkapi dengan radio komunikasi dan sarana pendukung) maka diperlukan adanya VCP (Vehicle Control Post) dan Marshaller ( adalah seorang yang memberikan komando kepada pilot Pesud untuk memarkirkan pesawat ketika take off dan landing di landasan)   yang merupakan prosedur yang harus dilaksanakan dan disiapkan.

Seorang VCP selalu diperlengkapi dengan radio komunikasi ground to air untuk memberikan informasi kepada pilot, tentang lokasi yang akan di darati,  arah cepat angin dan kemungkinan handicap yg akan dihadapi pilot, sedangkan Marshaller diperlengkapi dengan safety helmet  rompi dan badge untuk memberikan tanda/ aba-aba.

Pada kesempatan kali ini  helikopter jenis Bell-412 nomor lambung HU-4207 yang dimiliki oleh Skuadron 400 Wing Udara 2, melaksanakan kegiatan Evakuasi Medis Udara dalam latihan pengamanan Lanudal wilayah Timur. Terlihat pada latihan kali ini adanya VCP dan Marshaller yang melaksanakan prosedur memandu dan penerimaan Helikopter untuk menerima korban luka di Rumah Sakit Angkatan Laut/RSAL dr Ramelan  Surabaya.

Dapat terlihat jelas bahwa peran dari VCP dan Marsheller sangat penting dan bukan merupakan hal yang mudah. Dibutuhkan pengetahuan, pengalaman dan kemampuan khusus dalam membaca  medan, menentukan arah cepat angin, dan mengetahui maksud serta tujuan dari seorang pilot dalam berkomunikasi.
 
 


Anda pembaca ke 413 dari 413