PENINGKATAN KUALIFIKASI CAPTAIN PILOT HELIKOPTER BELL 412 DI SKUADRON 400 WING UDARA 2 UNTUK MENDUKUNG PENDARATAN PASRAT LINTAS HELIKOPTER
Juanda
Diposkan oleh renbang 15 November 2019 pukul 08:33:42PM
Update terakhir 15/11/2019, 09:06:22PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Jumat, 15 November 2019 – Sebagai seorang penerbang/pilot, khususnya dalam lingkungan Militer, seluruh penerbang di Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 selalu berlatih untuk meningkatkan skill dan pengetahuan individu khususnya dalam lingkup penerbangan.

Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2, Mayora Laut (P) Sugiran, dalam kegiatan peningkatan kualifikasi penerbang di Skuadron 400, memberikan perintah kepada Wakil Komandan Skuadron 400, Mayor Laut (P) Dani Widjanarka untuk melaksanakan Final Check/pengecekan akhir terhadap siswa Captaincy Training atas nama Mayor Laut (P) Pranatha yang sudah berjalan selama kurang lebih 20 hari.

Peningkatan kualifikasi seperti ini merupakan salah satu kegiatan yang wajib dilaksanakan oleh Skuadron. Di tengah padatnya kegiatan Operasional pangkalan maupun luar pangkalan, kegiatan peningkatan kualifikasi harus tetap dilaksanakan agar tercapainya proses re-generasi penerbang di Skuadron 400.

Kegiatan peningkatan kualifikasi adalah hal yang umum yang dilaksanakan di penerbangan manapun. Namun terdapat standard dan kemampuan khusus yang harus dimiliki oleh penerbang Heli militer, dalam hal ini seorang penerbang Skuadron 400 di TNI Angkatan Laut. 

Pada kesempatan kali ini terlihat helikopter jenis Bell-412 nomor lambung HU-4206 sedang melaksanakan exercise Landing on Pinacle yang adalah bagian dari Final Check Captaincy Training.
 
Landing on Pinacle adalah mendarat pada posisi ketinggian atau puncak dimana terdapat jurang atau lereng di sekitar spot. Latihan seperti ini dapat dilakukan di Pinacle buatan yang terdapat di ujung timur grass strip helikopter Skuadron 400.
 
Tidak hanya landing on pinnacle, penerbang helikopter Skuadron 400 harus memiliki skill dan pengetahuan diantaranya Ship Board Operation atau landing di deck Kapal Perang, Confined Area atau landing di area terbatas, Emergency Practice atau praktek keadaan darurat helikopter, Instrument flight atau terbang dengan hanya menggunakan instrument, dan berbagai exercise seperti Stabo, Fastrope, Medevac, VVIP Movement, Rapelling, Sling Load, Hoist, dan lain sebagainya.
 
Kegiatan peningkatan kualifikasi kali ini terlaksana dengan lancar dan aman, dengan hasil Release as Captain Pilot Bell-412 atas nama Mayor Laut (P) Pranatha. Seluruh materi exercise yang dijalani selama kegiatan Captaincy dilaksanakan dengan baik dan dapat dilaksanakan pula pada hari ini saat pengecekan/Final Check.
Kegiatan berakhir dengan kegembiraan bersama seluruh Skuadron 400 atas lahirnya Captain Pilot baru di helikopter Jenis Bell-412, dengan penuh harapan bersama dapat menambah kekuatan operasional Skuadron 400 Wing Udara 2.
 
 


Anda pembaca ke 215 dari 215