LAKSANAKAN UJI KELAIKAN TERBANG SKUADRON 200 WING UDARA 2 TERBANGKAN PESAWAT BARON G-58 T-2601
Juanda
Diposkan oleh renbang 18 November 2019 pukul 06:44:08PM
Update terakhir 18/11/2019, 06:49:27PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Senin, 18 November 2019 – Sebagai wujud tangung jawab terhadap Alutsista yang diberikan oleh Negara dan tertib administrasi Skuadron 200 Wing Udara 2 melaksanakan uji kelaikan terbang terhadap pesawat udara jenis Baron G-58 dengan nomor lambung T-2601.

Uji kelaikan ini dilaksanakan periodik setiap 1 tahun sekali pada tiap tiap unsur pesawat, kesempatan kali ini dilaksanakan terhadap Pesawat Baron G-58 T-2601 yang merupakan pesawat latih lanjut untuk siswa penerbangan TNI-AL khususnya siswa Fixed wing yang sudah menyelesaikan  latih dasar.

Dengan adanya kegiatan seperti ini diharapkan semua pesawat dan material yang dimilki oleh pusat penerbangan TNI-AL bisa dinyatakan laik terbang, fit for flight. Di samping itu agar dapat menciptakan safety culture di dunia penerbangan TNI-AL, Sehingga aman, memenuhi persyaratan untuk digunakan mendukung kegiatan latih terbang di bawah skuadron 200. 

Uji Kelaikan terbang bukan hanya dinilai bagaimana Pesawat tersebut aman dalam penerbangan , tetapi juga dilaksanakan pada saat masih di ground/darat. Kelaikan materiil secara fisik dan visual dicek satu persatu demi memastikan pesawat tersebut penuhi persyaratan  untuk uji terbang.

Hal-hal menonjol sekecil apapun saat memulai melakukan start engine  air taxi juga menjadi perhatian dalam uji terbang ini. Berbagai macam manuver udara dan Exercise dilakukan oleh pilot dan copilot seperti manuver dasar hingga Emergency Procedure. Tidak hanya sampai di situ, uji kelaikan terbang ini juga dinilai bagaimana proses Landing hingga pesawat tersebut aman hingga shutdown engine. 

Selaku Pilot in command Mayor Laut (P) Marwanto dan copilot Letda Laut (P) Hanif yang mengawaki pesawat jenis Baron G-58 buatan Amerika dengan nomor lambung T-2601 menyatakan bahwa:  "Pesawat ini handal, tidak ada kendala dan permasalahan yang sangat berarti selama penerbangan"  berarti Pesawat tersebut sangat aman serta penuhi persyaratan untuk  melaksanakan penerbangan.
 


Anda pembaca ke 209 dari 209