INSERVICE TRAINING MAKO WING UDARA 1 TANJUNG PINANG (PUASA DAN KESEHATAN PENERBANGAN)
Juanda
Diposkan oleh renbang 14 Mei 2019 pukul 10:08:59AM
Update terakhir 14/05/2019, 11:18:15AM

Reporter : MySolik_Pen
Editor : MyRivan
Fotografer : Sny_Pen

Pada hari Rabu tanggal 8 Mei 2019 pukul 09.00 WIB di ruang rapat Mako Wing Udara 1, Telah diadakan Inservice Training dengan Tema “PUASA DAN KESEHATAN PENERBANGAN” dengan pembicara oleh Mayor Laut (K/W) dr. Ostririahta M.Biomed SpOG yang sehari hari berdinas di Diskes Lantamal IV, dihadapan para Perwira Penerbang dan para Perwira Teknik Wing Udara 1 menjelaskan bahwa diatas pukul 10.00 WIB para Pilot dan para Crew tidak dianjurkan berpuasa karena untuk mengurangi resiko kondisi Hipoglikemia sesuai dengan Telegram Komandan Pusat Penerbangan Angkatan Laut Nomor 330/NERBAL/0614 tentang Instruksi Khusus kepada para Penerbang TNI AL

Kadar gula darah rendah (Hipoglikemia) terjadi secara spontan melalui proses puasa. Gejalanya dimulai pada kadar gula darah 60 mg% terjadi penurunan 30-40 mg% dari kadar gula normal dan akan menimbulkan penurunan fungsi otak. Penderita biasanya akan mengalami pandangan yang kabur, cemas, dan kejang-kejang. Hipoglikemia dapat terjadi  diawal 2-3 jam setelah makan dan paling lambat 3-5 jam setelah makan. Bila terjadi, maka perlu diberikan suplemen gula untuk menaikan gula darah. Kondisi ini tentu akan mempengaruhi performa para penerbang yang dituntut prima saat terbang.

Komandan Wing udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo M. Tr.Hanla.M.M. hadir dalam acara tersebut dan memberikan penekanan bahwa puasa bukan menjadikan alasan untuk tidak menjalankan tugas dan kewajiban sebagai Penerbang maupun Crew Pesud. Semua dapat dengan mudah dijalankan dengan berlandaskan keikhlasan dalam setiap pekerjaan yang kita jalankan dan akan dihadapi,  tetapi tetap tidak mengesampingkan keselamatan dalam setiap kegiatan yg akan dihadapi. Turut hadir dalam pembicaraan tersebut Komandan Wing Udara 1, para perwira Staf Wing Udara 1 dan Perwira Skuadron.
 
 
 
 


Anda pembaca ke 343 dari 343