HELIKOPTER SKUADRON 400 WING UDARA 2 MELAKSANAKAN LATIHAN SHIP BOARD OPERATION (SBO) DALAM RANGKA MENINGKATKAN PROFESIONALISME SEBAGAI PENERBANG TNI ANGKATAN LAUT
Juanda
Diposkan oleh renbang 7 November 2019 pukul 05:54:29PM
Update terakhir 07/11/2019, 06:07:33PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Kamis, 7 November 2019 – Sebagai skuadron pembina unsur dan pengawak helikopter di jajaran Wing Udara 2, Skuadron Udara 400 selalu berupaya untuk terus menjaga dan meningkatkan profesionalisme para prajuritnya. Kali ini (7/11), sesuai jadwal yang sudah ada, Skuadron yang juga memiliki nama panggilan “Skuadron Gurita” ini melaksanakan latihan Pengoperasian Helikopter di Kapal/Ship Board Operation (SBO), yaitu metode yang dilaksanakan oleh helikopter ketika akan melaksanakan take 0ff ataupun landing di kapal/KRI. Latihan SBO ini merupakan salah satu latihan yang paling sering dilaksanakan oleh Skuadron 400 mengingat medan tugas dari unsur-unsur skuadron ini sebagian besar di dilaksanakan di laut sebagai kepanjangan tangan, mata dan telinga dari unsur kapal/KRI.

Ship Board Operation sendiri merupakan salah satu operasi/kemampuan yang menjadi ciri  khas Penerbangan TNI AL dan sampai saat ini hanya helikopter TNI AL yang mampu dan diijinkan untuk bergabung/on board di KRI, sehingga kemampuan ini sangat penting dimiliki oleh setiap Air Crew Helikopter TNI AL. Pada kesempatan kali ini, Helikopter jenis Bell-412EP nomor registrasi HU-4206 dengan Pilot Mayor Laut (P) Arief S. Akbar dan Letda Laut (P) Eko Nur Hidayat berkesempatan untuk melatih diri guna menjaga dan meningkatkan kemampuannya dalam melaksanakan take off dan landing di KRI. Tidak hanya Pilot, seluruh Air Crew dalam hal ini Flight Engineer, Mechanic, dan crew darat juga memiliki tugas dan fungsi masing-masing dalam pelaksanaan Ship Board Operation.

Latihan dilaksanakan di Helideck Simulator yang berada di unjung landasan rumput Skuadron 400. Kegiatan dapat berjalan dengan aman dan lancar berkat kerja sama, semangat serta antusisme yang tinggi dari Pilot, Copilot, Flight Engineer maupun Crew Darat.

 



Anda pembaca ke 196 dari 196