CN235-220 MPA SKUADRON 800 WING UDARA 2 SEBAGAI UNSUR UDARA PADA PATKOR INDINDO 34 19 DALAM RANGKA MENJAGA KEAMANAN LAUT DI WILAYAH BARAT INDONESIA
Skuadron_800
Diposkan oleh renbang 4 Desember 2019 pukul 09:02:14PM
Update terakhir 04/12/2019, 10:14:15PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing2

Rabu, 4 Desember 2019 - Patroli Terkoordinasi (Patkor) Indindo merupakan kegiatan yang bertujuan untuk menciptakan opini positif dalam upaya mewujudkan pengamanan di laut, sehingga memberikan rasa aman bagi pengguna laut terutama bagi kapal-kapal yang akan memasuki perairan Selat Malaka. Kegiatan Patroli Terkoordinasi ini merupakan kegiatan yang dilaksanakan secara rutin 2 (dua) kali dalam setahun antar TNI AL dan Indian Navy.
 
Kegiatan Patkor Indindo ini dilaksanakan karena pentingnya menjaga perairan regional dari berbagai aspek permasalahan yang muncul. Kita semua mengetahui bahwa laut merupakan salah satu domain yang dapat mewadahi berbagai segi kehidupan manusia, diantaranya perdagangan, transportasi bahkan keamanan nasional, asia Pasifik merupakan wilayah yang menjadi pusat ekonomi dan bisnis, kenyataan ini menjadikan perairan di Asia Pasifik sangat strategis. Kapal dagang yang melewati wilayah ini khususnya Selat Malaka berjumlah lebih dari 500 kapal dagang, hal ini menjadikan keuntungan sekaligus meningkatkan potensi terjadinya pelanggaran di laut. Negara-negara di Asia Pasifik yang mempunyai perairan berusaha untuk mengantisipasi dan menanggulangi terjadinya pelanggaran tersebut, baik melalui kerjasama dengan negara lain (hubungan regional maupun multilateral) ataupun menangani sendiri permasalahan tersebut. Permasalahan yang sering muncul merupakan ancaman perompakan, pembajakan, terorisme, penyelundupan dan human trafficking.
 
Pada saat ini, sedang dilaksanakan Patkor Indindo 34/19 dengan melibatkan unsur KRI dan Pesawat Udara.  Pada kegiatan Patkor Indindo 34/19 ini, Puspenerbal dhi Skuadron Udara 800 Wing Udara 2 menugaskan 1 (satu) unsur Pesawat Udara CN235-220 MPA / P-8304 sebagai unsur udara yang melaksanakan Patroli Udara Maritim guna menjadi kepanjangan mata bagi KRI sesuai tugas pokoknya dalam rangka mendukung ISR (Intellegence, Surveillance and Reconnaissance) untuk menanggulangi pelanggaran-pelanggaran yang terjadi di laut dari pantauan udara.
 
 
Pada Patkor Indindo 34/19, Pesud P-8304 diawaki oleh Captain Pilot Mayor Laut (P) Bani Safangat, Copilot Lettu Laut (P) Yudistira dan Radar Operator Letda Laut (P) Asgar beserta 5 awak pesud lainnya dibawah komando pengendali Gugus Keamanan Laut (Guskamla) Koarmada I dengan lama operasi 30 hari sampai akhir Desember 2019.


Anda pembaca ke 478 dari 478