WUJUDKAN KETAHANAN PANGAN, WING UDARA 2 PANEN PERDANA BUDIDAYA IKAN
Juanda
Diposkan oleh renbang 18 September 2020 pukul 05:28:58AM
Update terakhir 18/09/2020, 05:28:58AM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Budiman

Juanda - Prajurit Wing Udara 2 yang dipimpin oleh Danronma (Komandan Skuadron Markas)  Kapten Laut (T)  Yantje Katimin melaksanakan panen perdana budidaya ikan Nila dan Mujair di kolam ikan belakang Mako Wing Udara 2. Kamis 17/09/2020.

Panen ikan ini merupakan panen pertama kalinya yang berhasil dilaksanakan oleh prajurit Wing Udara 2 setelah kurang lebih 3 bulan yang lalu  kolam seluas 25x25 meter persegi tersebut ditaburkan benih-benih ikan  Nila dan Mujair sebanyak 2000 benih.

Ikan Nila dan Mujair yang kini telah memasuki masa panen tersebut berhasil didapat berkat ketekunan para prajurit Wing Udara 2 khususnya anggota Ronma dalam mengelola budidaya ikan dengan perawatan dan pemberian pakan ikan, secara rutin mengecek area kolam dan memastikan perkembangan ikan setiap harinya, sehingga kualitas ikan yang dikelola sehat dan layak dikonsumsi, tercatat seberat 180 kg ikan yang berhasil dipanen untuk pertama tersebut. 

Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi, S.H., M.H. yang sempat meninjau langsung pelaksanaan panen ikan tersebut mengatakan bahwa "kita ketahui bersama bahwa dalam masa pandemi Covid-19 saat ini seluruh masyarakat turut merasakan dampaknya dan salah satunya adalah pada sektor ekonomi, seluruh pergerakan dibatasi dan tentunya akan berpotensi krisis pangan".
 

" kesuksesan yang didapat dalam budidaya ikan ini merupakan program ketahanan pangan yang sedang digiatkan, sebagai bentuk kegiatan guna mendukung dan melaksanakan program yang dicanangkan oleh pemerintah serta pimpinan TNI, dalam mengantisipasi dan mengatasi krisis pangan akibat dampak dari Covid-19".

Lebih lagi, panen yang didapat tersebut juga merupakan pengelolaan lahan yang ada, yang kemudian dimanfaatkan menjadi kolam untuk budidaya ikan air tawar, disamping itu juga dilaksanakan penanaman sayuran dan buah-buahan yang saat ini masih dalam tahap pengelolaan, dan nantinya hasil panennya dapat dimanfaatkan untuk memenuhi ketersediaan kebutuhan pangan prajurit  dan keluarga Wing Udara 2, tegasnya. 

Pada masa Covid-19 ini progam ketahanan pangan tersebut diharapkan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan ditingkatkan,  sehingga dapat memberikan manfaat yang  lebih dari segi ekonomi bagi Warga Wing Udara 2 dalam memenuhi kebutuhan pangan.


Anda pembaca ke 58 dari 58