WING UDARA 1 DUKUNG UPACARA HARI DHARMA SAMUDRA DI MAKO LANTAMAL IV TANJUNGPINANG
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 15 Januari 2020 pukul 03:57:06PM

Reporter : Pen_Wing1
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : KLK_Dian

Tanjungpinang, Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo M.Tr. Hanla., M.M. mendukung upacara Hari Dharma Samudra tahun 2020 dengan mengirimkan 1 peleton prajuritnya sebagai pasukan upacara. Irup pada upacara ini adalah Danlantamal IV Laksma (TNI) Arsyad Abdullah S.E., M.A.P. Upacara ini dilaksanakan di Mako Lantamal IV Tanjungpinang pada hari Rabu, (15/01/2020). 

Inti amanat Kasal yang dibacakan oleh Irup antara lain : Hari Darma Samudra merupakan media dalam mewariskan nilai2 kejuangan yg harus dilestarikan agar semangat & jiwa tempur prajurit tetap terjaga dalam menegakkan kedaulatan NKRI. Pada tanggal 15 Januari 1962, ada peristiwa heroik dalam sejarah TNI Angkatan Laut dari seorang Komandan KRI Matjan Tutul Komodor Yos Sudarso, beliau menunjukkan keteladanan dan kepemimpinan saat bertugas, beliau rela berkorban & ikhlas dalam bekerja. 
Segala tantangan dilaut yang menyangkut kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah Indonesia dan khususnya TNI Angkatan Laut.

Upacara hari Dharma Samudra ini bertujuan untuk mengenang pahlawan yang gugur dalam pertempuran laut Aru 15 Januari 1962 antara kapal perang Indonesia dan kapal perang Belanda. 
Komodor Yos Sudarso berhasil mengkondisikan pergerakan KRI Matjan Tutul untuk mengalihkan perhatian musuh agar menyerang ke KRI Matjan Tutul saja. Akhir dari pertempuran tersebut, KRI Matjan Tutul tenggelam beserta awaknya, tetapi KRI Matjan Kumbang dan KRI Harimau berhasil terselamatkan. Sebelum Komodor Yos Sudarso gugur, beliau masih sempat menyerukan pesan terakhirnya yang terkenal, "Kobarkan semangat pertempuran".
 


Anda pembaca ke 190 dari 190