UPAYA PENYEGARAN DAN PENCEGAHAN KEBAKARAN WING UDARA 2 GELAR LATIHAN PEMADAMAN
Juanda
Diposkan oleh renbang 5 Maret 2020 pukul 12:39:53PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Keselamatan terbang dan kerja merupakan prioritas yang diutamakankan di Penerbangan TNI AL, oleh karena itu sebagai upaya pencegahan serta penyegaran bagi prajuritnya, Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P)  Winardi, S.H., M.H. menggelar latihan dan simulasi penanggulangan bencana kebakaran dengan mendatangkan tim PK dari Surabaya di Lapangan apel Mako Wing Udara 2. Kamis 05/03/2020.

Latihan yang dilaksanakan setelah selesai apel pagi ini selain untuk penyegaran  juga bertujuan meningkatkan kesiapsiagaan, pengetahuan dan ketrampilan serta sebagai bekal bagi prajurit Wing Udara 2 dalam penanggulangan bencana kebakaran.

Dalam pelaksanaan latihan ini diawali dengan pengenalan Alat Pemadam Api Ringan (APAR) yang disampaikan oleh tim PK Sby yaitu  Danru 1 Robi Cahya Putra tentang jenis-jenis APAR, fungsi,  teknik dan cara penggunaanya serta pemadaman dengan menggunakan alat tradisional yaitu berupa karung goni. 

 
" APAR  merupakan alat yang digunakan untuk memadamkan kebakaran dalam Skala yang kecil" pada umumnya berbentuk tabung bertekanan berisi bahan pemadam api , untuk memadamkan api APAR mempunyai spesifikasi dengan  sumber kebakaran yaitu Klas A jenis cairan untuk kebakaran bahan padat seperti kayu, kain dll,   Klas B jenis Busa/foam untuk kebakaran dari bahan cair dan gas serperti minyak, LPG dll, dan Klas C jenis serbuk kimia (dry chemical ) untuk kebakaran hubungan arus pendek. 

Selain itu, "cara penggunaanya  buka segel dan tarik pin,  ambil posisi dengan jarak sekitar 1,5 m- 3 m dari api, arahkan nozle selang ke api dan semprotkan searah angin dengan cara menekan tuas pada alat pemadam", ujarnya. 

Untuk lebih memahami prajurit Wing Udara 2 juga diberikan kesempatan untuk mempraktekan menggunakan APAR  secara individu maupum tim dengan mensimulasikan kebakaran menggunakan drum  yang dibakar,  mulai dari pemadaman dengan karung goni yang dibasahi air maupun pemadaman menggunakan  APAR. 
 

Wadan Letkol Laut (P)  Triwibowo yang terjun langsung memantau jalanya latihan mengatakan dilaksanakan latihan simulasi ini untuk penyegaran dan pemahaman tentang dasar-dasar penanggulangan kebakaran bagi prajurit dan diharapkan kedepanya kapan dan dimanapun akan siap serta mampu dengan cepat mengatasi kemungkinan terjadinya bencana kebakaran tingkat awal dengan mengetahui jenis penyebabnya sehingga dapat meminimalkan kerugian. 

Latihan simulasi pemadaman  kebakaran ini berjalan dengan aman dan lancar, turut hadir  juga tim dari kesehatan.


Anda pembaca ke 150 dari 150