TINGKATKAN SKILL, SKUADRON 400 MELAKSANAKAN _TRAINING SLING LOAD_ GUNA MENDUKUNG KESIAPAN OPERASIONAL
Juanda
Diposkan oleh renbang 29 Mei 2020 pukul 02:39:15PM
Update terakhir 29/05/2020, 02:45:39PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : MaySolikin
Fotografer : Pen_Wing2

Jumat, 29 Mei 2020 – Skuadron 400 Wing Udara 2 melaksanakan dukungan kegiatan Convercy Training dengan exercise Sling Load operation BO-105 Bolkow. Exercise Sling Load dilaksanakan di Appron Delta dan Pattern area. Kegiatan sling load ini dilaksanakan dengan Instruktur Lettu Laut (P) Yahya Khoibaron dan dengan dua siswa Convercy training yaitu Lettu Laut (P) Riffan Ringga D. Irwanto dan Lettu Laut (P) Eko Nur Hidayat.
 
Dalam kegiatan hari ini dimulai dengan pengecekan cargo hook, pengecekan sistem elektrik dan manual serta pemasangan sling untuk kemudian diberi beban. Beban yang disiapkan memiliki massa sebesar 60 Kilogram dan tali besi/ sling dengan panjang 20 meter. Exercise sling load tersebut merupakan materi dalam silabus convercy training Heli Bolkow, diberikan sebagai langkah awal pembekalan siswa convercy training yang bila sudah tuntas seluruh silabus akan  akan menjadi seorang Copilot. Kelak dalam kegiatan latihan maupun operasi akan melaksanakan sling exercise dan sling operation dengan beban dan benda yang berbeda. Penggunaan sling load sendiri biasanya diaplikasikan untuk mengambil/mengirim barang, benda ataupun personel di tempat yang banyak terdapat Obstacle/hambatan berupa pepohonan yang tidak memungkinan Heli melaksanakan landing di tempat tersebut. Juga untuk memindahkan barang dengan ukuran/ volume yang tidak bisa masuk cabin Heli serta untuk menarik banner. Oleh karena itu penggunaan Sling Load sangat diperlukan untuk memudahkan pemindahan barang dari tempat yang tidak dapat dijangkau maupun tidak bisa dibawa di dalam Pesawat karena ukuran.
 
Latihan dan pengoperasian sling load memang diperlukan sekaligus perawatan terhadap sling , cargo hook dan sistem elektriknya, mengingat usia pemakaian Sling yang dipakai perlu melaksanakan perbaikan dan perawatan sendiri. Pada pelaksanaan kali ini turut hadir mengawasi Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Mayor Laut (P) Sugiran. “kegiatan training Sling Load seperti ini apalagi helicopter Bolkow ini harus sering dilatihkan dan dilaksanakan guna nantinya mendukung tugas latihan maupun operasional Skuadron 400 khususnya.” Begitu imbuh Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2.
 
 


Anda pembaca ke 179 dari 179