TINGKATKAN PENGETAHUAN PENERBANG, SKUADRON 400 WING UDARA 2 MELAKSANAKAN INSERVICE TRAINING
Juanda
Diposkan oleh renbang 27 April 2020 pukul 09:23:46AM
Update terakhir 27/04/2020, 12:12:51PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

24 April 2020 –Sebagai skuadron operasional yang setiap saat siap ditugaskan, di bulan suci Ramadhan ini Skuadron 400 tetap melaksanakan program latihan, baik flight training maupun ground training.
 
Ground training atau dalam program kualifikasi Pesud  yang lebih dikenal dengan istilah Ground School  atau bina kelas yaitu pembekalan materi maupun sharing ilmu tentang penerbangan maupun seluk beluk pada pesawat dan helikopter seperti Kerangka, Engine,  bagaimana cara kerja Engine, sampai dengan prosedur yang harus dilakukan dalam mengoperasikan pesawat, kegiatan pembelajaran ini dikenal dengan inservice training. Pengetahuan tentang cara kerja, limitasi, performance dan aksi aksi yang harus diambil bila terjadi malfungsi. Pengetahuan tersebut harus terintegrasi dengan pengawak yang lain,  seorang Pilot dan Copilot saat di kokpit akan melaksanakan CRM (Crew Resource Management) yaitu pembagian tugas seluruh pengawak pesawat  untuk mencapai misi penerbangan yang aman, efisien dan apabila terjadi Emergency seluruh pengawak Pesawat sudah mengetahui tugas masing-masing yang harus dilaksanakan. Kegiatan ini sangat berguna untuk meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para air crew dalam melaksanakan tugasnya. 

(24/04) Bertempat di ruang Ops Skuadron 400 Wing Udara 2,  kegiatan Inservice training dilaksanakan. Sudah berjalan kurang lebih tiga hari sejak diperintahkan kembali oleh Komandan Skuadron 400. Para pengajar / Instruktur sendiri berasal dari Instruktur Penerbang Helikopter dan juga turut hadir para Perwira teknik yang berada di Skuadron 400. Materi yang diajarkan atau yang diberikani juga beragam dan berbeda jenis Helikopter nya, mulai dari Heli BO-105 (Bolkow), Bell-412, AS-365 N3+ (Dauphin), dan AS-565 Mbe (Panther) yang menjadi helikopter helikopter kebanggaan Skuadron Udara 400 Wing Udara 2. Materinya pun juga beragam, mulai dari Aircracft Structure, Engine System, Oil System, Fuel System dan masih banyak lagi.

Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 dan para penerbang Helikopter berharap kegiatan Inservice Training rutin dilaksanakan karena kegiatan seperti ini sangat penting dan sangat dibutuhkan untuk menambah pengetahuan dan wawasan kita bahwa dunia penerbangan itu sangat luas. “Gak ada salahnya kita Sharing pengalaman terbang, penugasan dan yang lainnya toh ilmu itu akan berguna nantinya buat orang lain, kita juga akan mendapat berkah dan pahala apabila ilmu yang kita miliki berguna untuk orang lain.” Begitu ujar Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 saat mengikuti kegiatan Inservice Training.


Anda pembaca ke 180 dari 180