SKUADRON 400 WING UDARA 2 MENDUKUNG PELATIHAN EVAKUASI MEDIS UDARA STIKES UHT
Skuadron_400
Diposkan oleh renbang 7 Januari 2020 pukul 08:30:39PM
Update terakhir 07/01/2020, 08:37:34PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Selasa, 07 Desember 2020– Sebagai salah satu unsur pendukung dalam kegiatan evakuasi medis,  helikopter mempunyai keunggulan selain efisien dalam mengevakuasi korban dalam waktu yang singkat juga kemampuan VTol ( vertical take off & landing) sehingga mampu mencapai daerah yg sulit terjangkau sehingga korban lebih cepat mendapatkan penanganan lebih lanjut dan intensif.

Skuadron 400 Wing Udara 2 merupakan skuadron helikopter TNI Angkatan Laut, selain melaksanakan tugas pokok sesuai kemampuan juga dapat melaksanakan tugas tambahan  yang salah satu kemampuan adalah melaksanakan EMU (Evakuasi Medis Udara),

Pada kesempatan kali ini (07/01) Skuadron 400 menerima kunjungan dari Stikes Hang Tuah dalam rangka praktikum lapangan evakuasi medis. Kegiatan praktik ini merupakan program kerja rutin yang dilaksanakan agar para mahasiswa dapat memahami dan mengerti standart operasional prosedur evakuasi korban menggunakan jenis helikopter yang berbeda, khususnya dalam proses embarkasi dan debarkasi korban. Para siswa mendapatkan penjelasan daerah aman dan daerah bahaya pendekatan helikopter, penjelasan mengenai fungsi alat alat pendukung EMU seperti Tandu NR, Rescue Net, horse scollar dari instrukur yang merupakan anggota Skuadron 400 yang berpengalaman dalam bidang evakuasi medis udara. Selain penjelasan para mahasiswa juga melaksanakan praktik membawa pasien Embarkasi dan debarkasi dari Heli, tentunya dengan SOP yg sudah diterapkan, sehingga diharapkan tercapainya keselamatan selama kegiatan. Dari praktik lapangan ini diharapkan bisa diaplikasikan pada saat kejadian sesungguhnya di lapangan.
 

Kegiatan dilaksanakan di Shelter Helikopter Delta Apron Skuadron 400 Juanda, Surabaya menggunakan alat peraga sesungguhnya yang merupakan Alutsista Skuadron 400 Wing Udara 2. Kegiatan berjalan dengan aman dan lancar disertai antusias dan semangat yang tinggi dari para mahasiswa dan mahasiswi.


Anda pembaca ke 158 dari 158