SKUADRON 400 WING UDARA 2 MELAKSANAKAN LATIHAN TACTICAL SPECIAL FORCES DI DELTA APPRON UNTUK MENINGKATKAN KESIAPAN OPERASI
Juanda
Diposkan oleh renbang 14 Agustus 2020 pukul 03:54:52PM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda - Kamis, 13 Agustus 2020 di Delta Appron Skuadron 400 Wing Udara 2 terlihat sedang melaksanakan Briefing dan do'a dalam persiapan untuk melaksanakan Latihan Tactical Special Forces antara lain Fast rope dan Suspension Tactical Air Borne Operation (STABO). Kegiatan latihan ini didukung oleh Pasukan khusus Intai Amfibi TNI Angkatan Laut atau dikenal sebagai Taifib. Pasukan terdiri dari 6 (enam) personel yang dipimpin oleh satu Komandan peleton dengan berpangkat Lettu.

Untuk Helikopter yang digunakan yaitu Helikopter Bell-412EP dengan Pilot In Command yaitu Mayor Laut (P) Rachmat Fetaro Hia dan Copilot Letda Laut (P) Sima Andriansyah serta dua Perwira Vehicle Control Post (VCP) yaitu Lettu Laut (E) Rivo Kusumadani dan Letda Laut (P) A.N. Hutama yang sehari-hari juga seorang Copilot Helikopter. Tugas seorang VCP yaitu memberikan informasi melalui radio komunikasi ground to air kepada pilot tentang kondisi di ground agar semua rangkaian kegiatan latihan dapat berjalan dengan aman dan lancar dan tercapainya keselamatan terbang dan kerja. Latihan diawali dengan dilaksanakannya Check Route melalui udara,  kemudian proses embarkasi pasukan, setelah dinyatakan aman oleh VCP  maka dilaksanakan Fastrope di ketinggian kurang lebih 90 feet di atas permukaan tanah. Semua rangkaian kegiatan berjalan aman dan lancar. 

 
Stabo dan Fasrope merupakan materi latihan yang sering digunakan oleh pasukan khusus dalam melaksanakan infiltrasi maupun penyerangan terhadap markas musuh maupun dalam escape setelah penyerangan. Latihan ini bertujuan untuk menjaga kesiapan operasi bagi Skuadron 400 Wing Udara 2.
 

Rangkaian kegiatan Latihan tersebut sekaligus menjadi ajang Latihan bagi Pasukan Khusus Gabungan yang akan diselenggarakan di Pesisir Pulau Madura tepatnya di Kabupaten Bangkalan. Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Mayor Laut (P) Sugiran mengatakan bahwa latihan ini akan dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan guna menjaga kesiapan Operasi bagi prajurit Skuadron 400 Wing Udara 2.


Anda pembaca ke 349 dari 349