SKUADRON 400 WING UDARA 2 LAKSANAKAN TRAINING PENINGKATAN KUALIFIKASI PENERBANG UNTUK PENUHI KEBUTUHAN CAPTAIN PILOT DAN COPILOT
Juanda
Diposkan oleh renbang 13 Mei 2020 pukul 01:17:34PM

Reporter : Pen_Wing2_Ron400
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda - Selasa, 12 Mei 2020,  Skuadron 400 kembali merayakan lahirnya seorang Captain Pilot Bell-412 yang telah lulus melaksanakan Flight Check dengan aman dan lancar. Beliau adalah Kapten Laut (P) Achmad Septian Alumni AAL Angkatan ke-55 yang telah release as Captain Pilot Bell-412, seorang pilot Heli dari jajaran Wing udara 1 yang melaksankan peningkatan kualifikasi di Surabaya. Selesai melaksanakan flight check dengan instruktur Komandan Skuadron 400 Mayor Laut (P) Sugiran.

Walaupun pelaksanakan training di bulan puasa ddan dan masih dalam masa menghadapi Pandemi Covid-19, tetapi tetap dilaksanakan dengan penuh semangat dan mendapat dukungan penuh dari ground Crew yang menyiapkan unsur Helikopter setiap harinya. Tentu saja pelaksanakan tetap menggunakan protokol penanganan dalam mengahadapi Covid-19 dan juga peraturan dari Suslambangja dan Kesehatan Penerbangan di mana terbang di atas pukul 10.00 wib penerbang harus membatalkan puasa.
 
 Langsung saja setelah turun terbang dan dinyatakan release as Captain Pilot, Kapten Laut (P) Septian menjalani tradisi Mandi oli bekas diikuti oleh Letda Laut (P) Adithya N. Hutama release as Copilot Bell-412 dan Letda Laut (P) Tanta A. Silalahi release as Copilot BO-105 beberapa hari yang lalu. Tradisi dipimpin dan diawali langsung oleh Komandan Skuadron 400 tradisi mandi oli bekas dilaksanakan di lingkungan Skuadron 400.
 

Beberapa rangkaian Flight Check yang dilaksanakan antara lain Rangkaian Pattern Normal, Steep, Shallow Approach, Emergency Situation, Ship Board Operation, dan beberapa Standard Operasional Procedure seperti Rapelling, Stabo, Fastrope, Water Jump, dll yang diharapkan sebagai Captain Pilot dan Copilot dapat memahami kondisi dan mengambil keputusan apabila ada situasi Emergency. Seorang Captain Pilot memanglah suatu kebanggan tetapi disamping itu sangatlah berat tugas yang diemban seorang Captain Pilot, yaitu dalam medan penugasan sesungguhnya. Tugas seorang Captain Pilot membawahi CoPilot dan Crew Helikopter tersebut. Apabila terjadi sesuatu Emergency, Captain Pilot memiliki wewenang untuk memutuskan apa yang harus dilaksanakan, menyangkut dengan Crew yang dibawanya. Oleh karena itu menjadi seorang Captain Pilot merupakan suatu tanggung jawab yang besar. Maupun tugas dan tanggung jawab seorang CoPilot sangatlah penting, karena di belakang tugas nya membantu Captain Pilot, CoPilot juga bertanggung jawab apabila Captain Pilot mengalami hal yang tak terduga di medan penugasan 

Peningkatan kualifikasi ini adalah dalam rangka mendukung berjalannya kegiatan Operasional Penerbangan TNI AL.


Anda pembaca ke 264 dari 264