SKUADRON 400 WING UDARA 2 BERHASIL MENAMBAH CAPTAIN PILOT HELIKOPTER AS 565 MBE PANTHER
Juanda
Diposkan oleh renbang 6 Juni 2020 pukul 06:33:45PM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda_Ron400
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda - Kamis, 04 Juni 2020 – Sebagai seorang penerbang/pilot, khususnya dalam lingkungan Militer, kegiatan latihan dan peningkatan kualifikasi adalah hal rutin dilaksanakan.  Seluruh penerbang di Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 selalu berlatih untuk meningkatkan skill dan pengetahuan individu maupun kelompok khususnya dalam dunia penerbangan. 

Kegiatan peningkatan kualifikasi adalah hal yang umum yang dilaksanakan di penerbangan manapun.  Namun terdapat beberapa standard dan kemampuan khusus yang harus dimiliki penerbang helikopter militer yang dalam hal ini seorang penerbang helikopter Skuadron 400 di TNI Angkatan Laut diantaranya Ship Board Operation (landing di deck Kapal Perang RI), Confined Area (landing di area yang belum diketahui), Emergency Exercise (praktek keadaan darurat helikopter), Instrument flight (terbang menggunakan Instrument), Pinacle and Redgeline (Landing di Suatu puncak maupun tempat yang terbatas) dan berbagai kemampuan pertempuran seperti Medevac, VVIP Movement, Hoist, dan lain sebagainya.

Pada kesempatan kali ini (04/06), Komandan Skuadron 200 Wing Udara 2, Mayor Laut (P) Candra Budiharjo, dalam kegiatan peningkatan kualifikasi penerbang di Skuadron 400, berperan langsung sebagai Pilot Check siswa Captaincy Training atas nama Mayor Laut (P) Kuswoyo dan Kapten Laut (P) Rangga Birawa menggunakan helikopter jenis AS-565 MBe Panther nomor lambung HS-4201. Kegiatan peningkatan kualifikasi dilaksanakan di Flight Area Delta Apron Skuadron 400 terlaksana aman dan lancar, dengan hasil Release as Captain Pilot AS-565 MBe Panther. Seluruh materi exercise yang dijalani selama kegiatan Captaincy dilaksanakan dengan baik dan dapat dilaksanakan pula pada hari ini saat Final Check.

Kegiatan diakhiri dengan pemberian ucapan selamat dan pemberian wejangan oleh para Instruktur dan Captain Pilot senior. Kegembiraan seluruh Skuadron 400 atas lahirnya Captain Pilot baru di helikopter Jenis AS-565 MBe Panther yang tergolong helicopter terbaru di jajaran Puspenerbal, dengan penuh harapan bersama dapat menambah kekuatan operasional Skuadron 400 Wing Udara 2. Komanda Skuadron 400 Wing Udara 2 Mayor Laut (P) Sugiran mengatakan dalam wejangan yang diberikan “Jadilah seorang pilot yang tidak hanya memperhatikan pesawat saja, percuma tau seluk beluk pesawat tetapi tidak mengetahui keadaan crew dan anggota. Jadi Perwira penerbang yang handal dan professional dalam segala bidang” begitu imbuh Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2.


Anda pembaca ke 194 dari 194