SKUADRON 200 MELAKSANAKAN PROGRAM INSTRUCTORSHIP TRAINING EC 120B COLIBRI GUNA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PENERBANG WING UDARA 2
Juanda
Diposkan oleh renbang 11 Mei 2020 pukul 01:21:39PM

Reporter : Pen_Wing2_Ron200
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda (11/05), Skuadron Udara 200 Wing udara 2 Puspenerbal melaksanakan program instructorship training Lettu Laut (P) Rayendra Jaka Loekmana yang kesehariannya menjabat sebagai Dan Pesud 5 Flight II skuadron 400 Wing Udara 2. Program instructorship training untuk Heli EC-120 B Collibri merupakan program peningkatan kualifikasi bagi penerbang, setelah memenuhi pencapaian jam terbang Pesud sebagai captain pilot. 
 
Di samping itu program tersebut merupakan rekomendasi dari rapat TP3( Tim Peningkatan Profesi Penerbang) yang dihadiri dewan instruktur, para Komandan Skuadron , Pwa Staf dan Danwing Udara,  setelah mendapat pengusulan dari Skuadron pembina Alut yaitu Skuadron 200. 

Seperti kita ketahui bahwa Helikopter EC -120 B Collibri adalah Heli Latih single engine yang digunakan untuk melatih siswa calon penerbang pada tahap Latih Dasar Rotarry Wing di Skuadron 200. Tentunya peningkatan kualifikasi ini dilaksanakan dengan sungguh-sungguh dan penuh kehati-hatian di tengah Pandemi Covid-19 yang belum mereda dan situasi bulan Ramadhan. 

Selaku instruktur dalam pelaksanaan latihan kali ini adalah Mayor Laut (P) Wahyu Budiardi yang kesehariannya menjabat sebagai Wakil Komandan Skuadron Udara 400 Wing Udara 2.  Sedangkan Lettu Laut (P) Rayendra Jaka Loekmana sebagai siswa instructor pilot Colibri  melaksanakan rangkaian latihan yang cukup panjang mulai dari ground school atau bina kelas dilanjutkan dengan ujian-ujian dan setelah itu baru menginjak flight training atau bina terbang.  Menjadi seorang instructor pilot bukanlah hal yan mudah, karena harus mampu mentransfer ilmu kepada siswa yang mempunyai karakter berbeda-beda, dan juga psikologi setiap siswa berbeda sehingga memerlukan penanganan yang berbeda pula. 

Terbang Latih dasar Rotarry Wing adalah terbang pertama kali bagi siswa Helikopter setelah ia menyelesaikan terbang latih mula dengan Pesud fixed wing. Kemampuan dan pengetahuan instruktur diharapkan mampu menurunkan ilmu dan ketrampilan bagi penerbang siswa.


Anda pembaca ke 277 dari 277