SISWA DIKPABANG XXIV MELAKSANAKAN SOLO FLIGHT BONANZA
Juanda
Diposkan oleh renbang 3 April 2020 pukul 06:10:50AM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda (03/04), Siswa Dikpabang XXIV yang melaksanakan Lattek terbang tahap Mula dengan menggunakan Pesud G-36 Bonanza memasuki fase terbang solo.
 
Setelah menyelesaikan ground school dan simulator maka dilanjutkan dengan praktek terbang, para siswa  menjalani terbang dengan silabus Pesud Bonanza. Kegiatan praktek terbang dimulai dengan silabus Manuver Dasar, setelah terlewati maka diteruskan dengan silabus Pattern. Pada fase ini para siswa calon penerbang Matra laut ini diajarkan untuk dapat melaksanakan take off dan landing serta emergency di landasan/ run way.

 Kondisi di Jawa Timur dan umumnya Indonesis masih mengahadapi Pandemi Covid-19, namun kegiatan Lattek terbang harus tetap berjalan, tentunya dengan mematuhi aturan-aturan dan edaran yang dikeluarkan pemimpin Angkatan laut maupun pemerintah, seperti menggunakan masker saat terbang, penyemprotan disinfektan pada Pesud dan selalu mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah terbang.

Kondisi ini juga berpengaruh pada traffic di Bandara Juanda,  berdasarkan informasi dari AirNav memang kuantitas penerbangan menurun sekitar 37 % sehingga slot time untuk Penerbangan Angkatan laut dapat maksimal digunakan sehingga pelaksanaan terbang dengan materi/ silabus pattern dapat maksimal terutama pencapaian take off dan landing. 

 
Sebelum melaksanakan Solo Flight Siswa harus mendapatkan rekomendasi dari para instruktur bahwa yang bersangkutan/ siswa sudah siap melaksanakan final check terbang dengan instruktur. Jum’at, 03 April 2020 - Siswa DIKPABANG XXIV Letda Laut (P) Mohammad Prayoga dan  Letda Laut (P/W) Nadia melaksanakan check terbang Solo Flight dengan instruktur Mayor Laut (P) Febryanto Adi Nugroho,  setelah terbang masing-masing kurang lebih 1 jam melaksanakan touch and go sebanyak enam kali, Mayor Laut (P) Febryanto Adi Nugroho me-release siswanya melaksanakan Solo Flight.  Artinya berdasarkan pengamatan yang obyektif dari instruktur  ke-dua siswa dapat mengoperasikan Pesud G-36 Bonanza dengan benar, semua silabus pattern, mulai dari take off, Down  Wind, maintain heading/altitude, read back calling dengan tower tidak ada masalah, termasuk emergency dan terakhir landing dengan aman/safe.
 

Selanjutnya Letda Laut (P) Mohammad Prayoga dan Letda Laut (P/W) Nadia melaksanakan Solo Flight dengan masing-masing satu kali touch and go. Setelah para siswa melaksanakan Solo Flight maka siswa melaksanakan tradisi di lingkungan Penerbangan Angkatan laut seperti ; jalan jongkok memutari pesawat dan mencium nose pesawat serta terakhir lompat ke kolam. Tradisi ini memberikan kebanggaan tersendiri pada siswa yang telah melaksanakan terbang  Solo dan menumbuhkan rasa cinta atau peduli pada Pesud/Alutsista yang dimiliki oleh TNI-AL.


Anda pembaca ke 195 dari 195