PESUD CASA NC-212 U-6205 MELAKSANAKAN DUK. EVAKUASI MEDIS UDARA
Juanda
Diposkan oleh renbang 9 Januari 2020 pukul 09:52:08PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Rabu, 08 Januari 2020 pesawat Casa NC-212 yang sedang melaksanakan penugasan operasi mendapatkan perintah untuk melaksanakan Dukungan Evakuasi Medis Udara (EMU). Misi penerbangan EMU untuk mengevakuasi personel Lanal Kota Baru untuk mendapatkan pengobatan yang lebih baik menuju kota Surabaya.
 
Pesud Casa NC-212 yang diawaki Captain Pilot Lettu Laut (P) Adit dan Copilot Lettu Laut (P) Seto, melaksanakan Koordinasi dan perencanaan Penerbangan untuk hari Kamis 09 Januari 2020 guna mendukung EMU pasien dari Lanal Kota Baru dengan rute yang di tempuh yaitu Tarakan-Balikpapan-Kotabaru-Surabaya, karena posisi awal Pesud Casa tersebut berada di Bandara Tarakan melaksanakan sebuah  Operasi pengamanan perbatasan sepanjang tahun. 

Pelaksanaan penerbangan dengan misi Evakuasi Medis Udara (EMU) membawa pasien yang mengidap penyakit atau luka tertentu memerlukan perlakuan yang berbeda, seperti ketinggian maksimum yg diijinkan untuk menjaga kondisi pasien tetap aman. 

Evakuasi pasien menggunakan sarana angkut Pesawat udara tentu memiliki keunggulan dari segi kecepatan menuju daerah tujuan. Bagi Pesud Casa NC-212 EMU sudah menjadi salah satu tugas tambahan dari Skuadron Udara 600 Wing Udara 2. Selain mempunyai tugas pokok sebagai Dukungan Angkut Logistik cepat, Skuadron Udara 600 memiliki tugas tambahan seperti EMU, SAR, Dropping Materil/Personel dan Angkut VIP/VVIP.
 
Tugas pokok dan tugas tambahan ini dilaksanakan di bawah pembinaan Puspenerbal guna terciptanya Angkatan Laut yang handal dan profesional.
 
Puji syukur kehadirat Allah SWT pelaksanaan operasi evakuasi medis udara kali ini dapat berjalan dengan aman lancar dan tercapainya keselamatan terbang.
 
 
 


Anda pembaca ke 221 dari 221