PRAJURIT SKUADRON 200 WING UDARA 2 LAKSANAKAN PEMBERSIHAN KOBA DI AREA SHELTER DAN APPRON SKUADRON 200
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 3 Januari 2020 pukul 02:15:45PM
Update terakhir 03/01/2020, 02:42:44PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Wibowo

Kamis, (02/01) – Mengawali kegiatan di tahun baru 2020 prajurit Skuadron 200 Wing Udara 2 melaksanakan Pembersihan KOBA di area Shelter dan Appron. Sektor appron skuadron 200 yang biasa digunakan untuk parkir dan ground run Pesud latih terdiri dari beberapa pesawat diantaranya TB-9 Tampico, TB-10 Tobago, G-36 Bonanza, G-58 Baron dan Piper Archer.  

Kegiatan pembersihan KOBA merupakan kegiatan rutin yang sangat bagus dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan keselamatan penerbangan. KOBA merupakan benda-benda kecil contohnya bebatuan krikil yang sangat kecil dan masih banyak sampah lainnya yang dapat menjadi sangat berbahaya bagi pesawat bila masuk dalam sistem maupun mengenai body pesawat.
 
Hal ini bisa terjadi karena  terhisap/ masuk kedalam engine pesawat saat melaksanakan start engine maupun taxi di area appron sehingga memungkinkan terjadinya kerusakan baik sebagian maupun total. Meskipun ukurannya sangat kecil namun sangat beresiko ketika masuk kedalam sistem pembakaran pesawat.  OBA bisa menjadikan hal-hal yang tidak diinginkan terhadap Pesawat seperti gagal start dan bisa menyebabkan engine terbakar. 

Bukan hanya itu saja KOBA juga sangat berbahaya bagi crew yang berada di luar pesawat, hembusan angin yang kenjang dari propeler atau hempasan angin dari putaran main Rotor blade  bisa saja menerbangan partikel berbahaya seperti batu kerikil dan juga benda-benda yang ringan serta menerpa mata dan badan Ground Crew. 

Diharapkan dengan adanya kegiatan seperti ini bisa memitigasi tingkat kecelakaan kerja maupun meningkatkan keselamatan materiil dan crew penerbangan. Bukan hanya itu saja pembersihan KOBA dari area Appron dan Pesawat diharapkan bisa menjadi budaya yang melekat di semua prajurit penerbangan TNI AL  untuk peduli terhadap keselamatan dalam bekerja (Safety Always).
 

 



Anda pembaca ke 150 dari 150