PELATIHAN TEKNOLOGI NIGHT VISION GOGGLE (NVG) BAGI PRAJURIT SKUADRON 400 WING UDARA 2
Skuadron_400
Diposkan oleh renbang 13 Desember 2019 pukul 12:32:38AM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Kapten_Birawa

Juanda-Kamis, 12 Desember 2019. Sebanyak 14 orang prajurit Skuadron 400 Wing Udara 2 yang terdiri dari Pilot, Flight Engineer dan Mekanik mendapatkan pembekalan materi serta pelatihan teknologi Night Vision Goggle (NVG) dalam rangka untuk meningkatkan kemampuan tempur helikopter Panther AS 565 MBe beserta pengawaknya.

Pelaksanaan pelatihan berlangsung di gedung Naval Aviation Combat Simulator (NACS) Puspenerbal, di mana instruktur yang mengajar didatangkan langsung dari perusahaan pembuatnya yaitu Night Vision Lasers Spain (NVLS) Company yang berada di Spanyol. Peralatan NVG ini nantinya akan melengkapi dari sistem teknologi pada helikopter Panther AS 565 MBe, sehingga mampu dioperasionalkan pada  misi malam hari.

Peralatan NVG ini merupakan militer spec yang telah digunakan oleh angkatan bersenjata di beberapa negara antara lain Jerman, Malaysia, Thailand, Afrika,  Scandinavia dan negara NATO lainnya. NVG ini memiliki teknologi yang canggih dan modern antara lain memiliki performa yang tinggi dalam resolusi dan noise cahaya sehingga didapatkan tampilan yang lebih jelas, dilengkapi dengan Auto-Gating yang bertujuan untuk menghilangkan efek cahaya yang terlalu besar, terdapat kemampuan Smallest HALO untuk memperkecil berkas-berkas cahaya yang dipantulkan dan juga dilengkapi dengan teknologi Onyx dimana tampilan penglihatannya berupa gambar hitam putih yang berdasarkan penilitian bahwa warna hitam putih lebih mudah diterima dan mampu beradaptasi pada otak manusia. Selain itu, para peserta latihan juga diajarkan bagaimana cara pemasangan peralatan NVG pada helm dan cara perawatan serta pemeliharaannya.

Pelatihan NVG ini diharapkan kedepan dapat dilaksanakan secara berkelanjutan dan bertahap, tidak hanya tentang kemampuan teknologinya saja melainkan ada pelatihan bagi para penerbang helikopter selaku pengguna baik pada saat di ground maupun inflight. Sehingga penggunaan NVG ini dapat digunakan dalam penugasan-penugasan kedepan secara optimal, terutama pada saat melaksanakan operasi penerbangan malam hari. Kegiatan pelatihan tersebut dilaksanakan selama satu hari dan diakhiri dengan penyerahan sertifikat pelatihan NVG bagi seluruh peserta pelatihan.
 
 


Anda pembaca ke 818 dari 817