MEMPERINGATI HARI DHARMA SAMUDERA, PRAJURIT WING UDARA 1 NONTON BERSAMA FILM A BRAVE GENTLEMEN
Tanjungpinang
Diposkan oleh renbang 16 Januari 2020 pukul 04:12:33PM

Reporter : Pen_Wing1
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : KLK_Dian

Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr. Hanla., M.M., turut hadir ditengah para prajurit dan PNS Wing Udara 1 untuk menonton bersama film A Brave Gentlemen dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera di ruang rapat Mako Wing Udara 1 Tanjungpinang, Rabu (15/01/2020). 

Dalam sambutan Kepala Staf TNI Angkatan Laut Laksamana TNI Siwi Sukma Adji, S.E., M.M., yang dibacakan oleh Komandan Wing Udara 1 menyampaikan bahwa pertempuran laut Arafuru yang terjadi pada tanggal 15 Januari 1962 tercatat sebagai pertempuran laut paling heroik dalam sejarah di Indonesia. 

Lebih lanjut KASAL menegaskan bahwa acara ini memiliki dua tujuan. Tujuan pertama adalah sebagai penghargaan kepada para pahlawan pertempuran laut Arafuru dan pertempuran laut lainnya yang telah mengorbankan jiwa raganya demi mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia. Sejarah membuktikan bahwa bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya. Tujuan ke dua yaitu untuk mewariskan nilai nilai luhur para pahlawan pertempuran laut kepada generasi penerus untuk dapat diaktualisasikan dalam tugas sehari hari. Bangsa yang besar adalah bangsa yang memiliki karakter nasional dan mampu menyaring nilai-nilai global untuk kepentingan nasional. Salah satu upaya untuk mewariskan nilai luhur adalah dengan cara mempertahankan tradisi yang sudah kita miliki selama ini.
 

KASAL akan meluncurkan sebuah buku yang berjudul : "Tradisi TNI AL sebagai upaya pewarisan nilai-nilai luhur yang telah berkembang di lingkungan TNI AL" 
Setelah dilaksanakan pemutaran film A Brave Gentelmen, dilanjutkan dengan pembacaan doa secara Islam dan juga secara Katolik untuk mendoakan para pahlawan yang telah mengorbankan jiwa raganya demi kelangsungan bangsa dan negara Indonesia.
 
 
Turut menghadiri kegiatan ini antara lain Pasminlog, Pasuslambangja, Pasproga, para Komandan Skuadron di jajaran Wing Udara 1 serta seluruh Perwira, Bintara, Tamtama dan PNS Wing Udara 1.


Anda pembaca ke 186 dari 186