LAKSANAKAN TERBANG MALAM DENGAN NIGHT VISION GOOGLES (NVG) SKUADRON 400 WING 2 TINGKATKAN KESIAPAN OPERASI
Juanda
Diposkan oleh renbang 13 Agustus 2020 pukul 08:13:06AM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda - (Rabu, 12 Agustus 2020) di Skuadron Udara 400 Wing Udara 2, penerbang Helikopter melaksanakan night flight atau terbang malam menggunakan teknologi Night Vision Goggles (NVG).
 
Kegiatan latihan ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan dan kesiapsiagaan operasional baik crew maupun helikopternya. Sebelum pelaksanaan terbang malam diawali dengan inservice training, berupa pelajaran kelas dan  pelatihan NVG   oleh Mayor Laut (P) Kuswoyo dalam rangka  meningkatkan kemampuan individu dan pengenalan NVG terhadap penerbang- penerbang muda untuk mendukung kesiapan tugas operasional pada malam hari.
 
Night Vision Goggles (NVG) merupakan peralatan yang sangat penting bagi operasi militer saat ini, terutama dalam operasi malam hari.  NVG ini memiliki teknologi yang canggih dan modern antara lain memiliki performa yang tinggi dalam resolusi dan mengoptimalkan penglihatan walaupun dalam keadaan minim cahaya. Sehingga dapat membantu memudahkan untuk melihat dimalam hari walaupun dalam keadaan gelap. Gulita sekalipun.
 

Pada kesempatan hari ini, seluruh penerbang melaksanakan Inservice Training pengoperasian NVG hingga merasakan praktek terbang malam dengan menggunakan peralatan NVG. Unsur yang digunakan pada kegiatan ini, yaitu AS 565 MBe Panther HS-4209 dengan Captain Pilot Mayor Laut (P) Rachmat Fetaro Hia dan Copilot Kapten Laut (P) Tri Yudha Iswanto serta para penerbang Helikopter yang ikut On Board dalam pelaksanaan kegiatan terbang malam kali ini menggunakan NVG.
 

Dengan dibagi 3 Sortie secara bergantian dan rute yang telah ditetapkan yaitu South Area Juanda. Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para penerbang dapat belajar dan memahami fungsi dan pengoperasian dalam menggunakan NVG baik dalam Latihan maupun Operasional. Komandan Skuadron 400 yang juga terlibat sebagai Pengendali secara langsung kegiatan tersebut sangat memberikan Support dan Apresiasi terlaksananya kegiatan tersebut. Diharapkan kegiatan terbang malam menggunakan NVG seperti ini dapat dilaksanakan secara terus menerus dan berkesinambungan guna mendukung kesiapan Operasional Skuadron 400 Wing Udara 2.


Anda pembaca ke 385 dari 385