HILANGKAN GENANGAN AIR DAN LESTARIKAN ALAM WING UDARA 2 BUAT BIOPORI
Juanda
Diposkan oleh renbang 2 Maret 2020 pukul 06:26:15PM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda (02/03), Tingginya curah hujan yang berkepanjangan akhir-akhir ini membuat beberapa genangan air di lapangan apel Mako Wing Udara 2. Hal ini di samping kurang sedap dipandang juga mengganggu prajurit Wing Udara 2 dalam melaksanakan aktivitas seperti apel dan latihan PBB.

Untuk menghadapi hal tersebut Danwing Udara 2 Kolonel Laut(P)  Winardi, S.H., M.H. memerintahkan untuk melaksanakan pembuatan biopori atau resapan air ,  Rabu 26/02/2020. Biopori atau yang sering disebut lubang resapan air ini merupakan lubang yang dibuat secara vertikal ke dalam tanah berbentuk silindris yang ditujukan sebagai resapan, memasukkan air ke dalam tanah yang bisa berguna selain untuk meningkatkan cadangan air tanah juga mengatasi genangan air, dengan cara meningkatkan daya resap air ke dalam tanah. 

Menurut Wadanwing kegiatan tersebut pernah dilakukan beberapa tahun lalu, namun diameter lebih kecil dan kedalaman hanya 1 meter, sedangkan untuk pembuatan biopori kali ini dengan diameter lebih besar dan kedalaman 2 meter sehingga di samping efektif menghilangkan genangan juga dapat meningkatkan cadangan air tanah yang sangat bermanfaat di musim kemarau.  Untuk tahap awal pembuatan biopori dilaksanakan di area lapangan apel dengan 8 titik di tempat- tempat air sering menggenang ketika usai turun hujan lebat. Dengan dibuatkan Biopori dilapangan apel ini akan dapat membantu genangan air untuk segera surut masuk ke dalam tanah sehingga lapangan dapat digunakan untuk aktivitas tanpa terkendala genangan air.
 
"Pembuatanya sendiri dengan cara membuat lubang ke dalam tanah dengan diameter 20 cm dan kedalaman 2(dua) meter,  kemudian dimasukan pipa pralon dengan diameter dan panjang yang sama dengan lubang tersebut kemudian ditutup dengan penutup diatas pipa, setelah itu di permukaan tepi pipa diperkuat dengan adukan semen dan pasir".
 
Wadan Wing Udara 2 Letkol Laut (P)  Triwibowo juga menegaskan " pembuatan Biopori ini sebagai salah satu wujud kepedulian kita terhadap lingkungan serta sebagai alternatif mengatasi masalah yang ditimbulkan oleh genangan air".
 


Anda pembaca ke 130 dari 130