HELI BELL-412 SKUADRON 400 WINGUDARA 2 IKUTI LATIHAN PELAYARAN WIRA JALA YUDHA SISWA KODIKLATAL
Juanda
Diposkan oleh renbang 23 April 2020 pukul 04:40:40AM

Reporter : Pen_Wing2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Ron400

Kamis, 23 April 2020  Skuadron 400 Wing Udara 2 mengerahkan 1 unsur Helikopter Bell-412 yang take off dari shelter Heli menuju KRI MKS-590 yang berada di Armada, Ujung Surabaya, pada pukul 07.30 Wib untuk mengikuti latihan pelayaran Wira Jala Yudha Siswa Kodiklatal yang  dilaksanakan dari tanggal 23 s.d. 26 April 2020.
 
Latihan ini sendiri merupakan kegiatan latihan praktek siswa Kodiklatal dalam aplikasi pelajaran yang sudah diterima di bangku sekolahan sebagai persiapan menghadapi penugasan prajurit matra laut yang handal. Kegiatan Heli on board di KRI merupakan hal yang lumrah karena merupakan medan penugasan bagi prajurit Gurita, julukan prajurit Skuadron Heli. Tentunya sudah dipersiapkan secara matang sebelum melaksanakan Embarkasi ke KRI, antara lain latihan take off dan landing di helidek simulator dan persiapan lainnya.

(23/04) Pada pukul 10.00 WIB setelah dilaksanakan Upacara pemberangkatan, KRI MKS-590 bertolak dari Dermaga Madura Tengah menuju laut Jawa dan perairan Pulau Gundul. Selama kegiatan pelayaran, seluruh Crew Heli melaksanakan kegiatan seperti pengenalan Pesud Helikopter, pengetahuan tentang daerah berbahaya bagi personel yang akan masuk ke dalam Heli atau Embarkasi. Hal ini penting mengingat area  geladak heli di KRI yang terbatas. Latihan Marshalling atau pandu Helikopter yang dilaksanakan oleh Siswa Senerbal, Latihan Evakuasi Medis Udara yang dilaksanakan oleh Siswa Pusdikkes serta pengenalan materi Ship Board Operation bagi Siswa Kodiklatal dengan melaksanakan kegiatan Take Off & Landing di KRI MKS-590. Walau dalam pelaksanaan kegiatan ini bertepatan dengan awal Bulan Ramadhan, namun para siswa berlatih dengan penuh semangat , yang tentunya dijadikan pemompa semangat seluruh satgas, guna mencapai kesuksesan latihan. 
 

Keterlibatan unsur Helikopter dalam pelaksanaan latihan pelayaran Wira Jala Yudha ini sebagai pengenalan sistem senjata armada terpadu yakni unsur Helikopter yang dimiliki oleh TNI Angkatan Laut. Selain sebagai unsur yang ambil bagian dalam kegiatan latihan Wira Jala Yudha, Helikopter Bell-412 juga disiapkan sebagai unsur Standby evacuation jika sewaktu-waktu terjadi sesuatu yang tidak diinginkan dan membutuhkan evakuasi medis yang cepat. Komandan Skuadron 400 Wing Udara 2 Mayor Laut (P) Sugiran berharap kegiatan kerjasama antara unsur KRI dan Helikopter ini sering dilaksanakan selain untuk menjalin kerjasama antara KRI dan unsur Udara, juga sebagai latihan dan pemantapan para Crew karena helikopter merupakan bagian dari kesenjataan KRI.


Anda pembaca ke 148 dari 148