DANWING UDARA 2 HADIRI ACARA PEMBUKAAN PENYEGARAN CRM PENERBANGAN TNI AL TAHUN 2020
Juanda
Diposkan oleh renbang 2 September 2020 pukul 10:10:53AM
Update terakhir 02/09/2020, 10:10:53AM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letkol_Triwibowo

Juanda - Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi. S.H., M.H. menghadiri acara pembukaan Penyegaran CRM ( Crew Resource Management) Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2020 yang diselenggarakan oleh Kolat Penerbal di Wispa Lanudal Juanda. 

Acara yang diselenggarakan dalam masa pendemi Covid-19 tersebut dibuka oleh Danpuspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han pukul 10.00 Wib dengan memperhatikan protokol kesehatan Codid-19 dan diikuti oleh 102 peserta Perwira dan Bintara jajaran Puspenerbal  yang mana sejumlah 42 diantaranya merupakan prajurit Wing Udara 2, (Senin 24/08/2020)

Pelaksanaan acara CRM yang akan berlangsung selama dua hari kedepan tersebut bertujuan untuk penyegaran atau mengingatkan kembali kepada para peserta tentang berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan keselamatan terbang dan kerja, yang memang menjadi bagian penting khususnya bagi prajurit Wing Udara 2 yang sehari-hari beraktivitas di bidang operasional Penerbangan yaitu pengawak Pesud. 

Kegiatan penyegaran mengenai CRM ini merupakan salah satu kegiatan pembinaan Sumber daya manusia di lingkungan Penerbangan TNI Angkatan Laut dalam menghadapi perkembangan Ilmu pengetahuan dan teknologi dihadapkan dengan penugasan serta keselamatan terbang dan kerja. Kegiatan ini juga sebagai upayanya meningkatkan kerja sama/ team work yang pada akhirnya akan meningkatkan  profesionalisme Prajurit dan pada akhirnya akan tercipta kesiapsiagaan yang tinggi dalam menghadapi segala kemungkinan yang terjadi bagi para pengawak Pesud menghadapi sebuah misi penugasan penerbangan.

Dalam pelaksanaanya kegiatan CRM tersebut para peserta nantinya akan mendapatkan penyegaran materi pelajaran tentang teori-teori ilmu penerbangan dan keselamatan kerja dan terbang yang meliputi pemahaman managemen mendukung penerbangan, Introduction safety, komunikasi, navigasi, persepsi, stress, situation awarness, motivasi, decision making dan time work serta work style.
 

Sedangkan untuk tenaga pengajarnya selain dari prajurit penerbangn TNI Angkatan Laut yang berkualifikasi juga mendatangkan instruktur dari luar Penerbangan TNI Angkatan Laut seperti instruktur dari Airnav, Lion air dan MTC. 

Diharapkan melalui kegiatan ini para peserta mampu meningkatkan pengelolaan managemen seluruh kegiatan operasional baik kerja maupun terbang yang profesional sesuai fungsi,  peran dan tugasnya sehingga dapat menjamin terselenggaranya suatu misi yang zero Accident. 

Hadir dalam acara pembukaan tersebut Para Direktur Puspenerbal, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Dankolat Penerbal, para Instruktur dari luar penerbangan TNI Anglatan Laut serta para peserta jajaran Puspenebal.


Anda pembaca ke 77 dari 77