DANWING UDARA 2 BESERTA PRAJURITNYA MELAKSANAKAN LATIHAN LAT OPSDUK ANGUDSTRAT TA 2020
Juanda
Diposkan oleh renbang 8 September 2020 pukul 05:19:07PM
Update terakhir 08/09/2020, 05:19:07PM

Reporter : Pen_Wing2_Juanda
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Budiman

Juanda - Dalam upaya meningkatkan kualitas kemampuan penerbang TNI Angkatan Laut dalam mendukung suatu misi operasi penugasan maupun latihan, prajurit Wing Udara 2 melaksanakan Latihan Operasi Dukungan Angkutan Udara Strategis Tahun 2020  (Lat Opsduk Angudstrat) yang digelar di Pangkalan Lanudal Juanda dan area Surabaya, Senin 07/09/2020.

Latihan yang diselenggarakan oleh Penerbangan TNI Angkatan Laut dan dibuka oleh Danpuspenerbal pada 31 Agustus 2020 lalu tersebut merupakan latihan Angkut Strategis dimana pertama kali diselenggarakan oleh Puspenerbal, dengan melibatkan 282 prajurit jajaran Puspenerbal serta personel dari luar penerbangan. 

Pada pelaksanaan latihan tersebut, Wing Udara 2 menjadi pelaku utama dimana Komandan Wing Udara 2 Kolonel Laut (P) Winardi. S.H., M.H. bertindak sebagai Dansatgasduk Angudstrat,  dengan melibatkan lebih dari 150 prajurit, serta unsur -unsur Pesawat udara sejumlah 6 unsur yang digunakan dalam latihan merupakan unsur binaan Wing Udara 2, seperti Heli NBell -412, AS 565 MBe Panther dari Skuadron 400 dan pesud Casa NC-212-200 Aviocar dari Skuadron 600 serta CN-235 -220 MPA dari Skuadron 800.

 
Adapun tujuan digelarnya Lat Opsduk Angudstrat tersebut guna mengimplementasikan rencana strategi dan program yang telah dibuat ke dalam suatu bentuk yang realistis, serta meningkatkan profesionalisme kemampuan para Penerbang TNI Angkatan Laut guna melaksanakan  pengambilan keputusan dalam kegiatan manuver lapangan. 

Latihan ini diawali dengan Geladi Posko dimana para peserta latihan dituntut untuk menguasai bagaimana Proses Pengambilan Keputusan Militer (PPKM) dalam Operasi Dukungan agar dapat bersinergi terhadap Operasi Laut Gabungan yang diselenggarakan oleh Koarmada II.  Lebih lanjut, setelah proses perencanaan selesai, dilanjutkan Geladi Lapangan yang bertujuan untuk mengukur kemampuan Personel dalam mengawaki Alutsista yang dimiliki Puspenerbal  dalam mengemban misi operasional sesuai dengan fungsi dan tugasnya.
 

Latihan yang direncanakan berakhir tanggal 15 September 2020 tersebut diharapkan dapat menumbuhkan semangat serta  keseriusan dari seluruh peserta, memahami materi latihan serta mengetahui batasan-batasan yang menjadi kemampuannya, sehingga tetap tercipta suatu latihan yang zero accident.


Anda pembaca ke 85 dari 85