DANWING UDARA 1 MENGHADIRI ACARA RAPAT PEMBAHASAN RENCANA PEMBENTUKAN LANUDAL KELAS B DI KALIMANTAN UTARA
Lanudal_Juanda
Diposkan oleh renbang 13 Desember 2019 pukul 12:41:06AM

Reporter : Pen_Wing1
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Wing1

Bertempat di Gedung Wisma Perwira Lanudal Juanda Sidoarjo Jawa Timur, Komandan Wing Udara 1 Kolonel Laut (P) Gering Sapto Sambodo, M.Tr.Hanla., M.M., menghadiri rapat pembahasan pembentukan Lanudal kelas B di Kalimantan Utara yang dipimpin oleh Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han., Rabu (11/12/2019)

Pemerintah memprogramkan pembangunan pangkalan militer di Kalimantan Utara sebagai wilayah perbatasan RI-Malaysia. Penempatan prajurit TNI di wilayah perbatasan khususnya Kalimantan Utara sangat dibutuhkan guna penguatan kemandirian pertahanan serta penguatan kapasitas kelembagaan pertahanan dan keamanan di wilayah perbatasan.

Pembentukan Lanudal Kelas B di Kalimantan Utara merupakan bagian dari upaya pembangunan dan pembinaan kekuatan TNI AL yang Besar, Kuat, dan Profesional. keberadaan Lanudal di Kalimantan Utara tersebut diharapkan dapat lebih memperkuat jajaran TNI AL untuk lebih mampu berperan di dalam penyelenggaraan operasi laut. Keberadaan Lanudal di wilayah tersebut didasarkan pada analisa pentingnya kehadiran unsur-unsur udara TNI AL di perairan Kalimantan Utara dan sekitarnya, baik ditinjau dari pelaksanaan fungsi pertahanan negara di laut maupun dalam rangka mengantisipasi perkembangan geopolitik dan geostrategis di wilayah Kalimantan Utara serta diharapkan dapat meningkatkan kemampuan pengamatan laut dan patroli maritim yang pada akhirnya dapat meningkatkan efisiensi dan efektifitas operasi laut termasuk keamanan laut.

Hadir dalam rapat tersebut Danlantamal XIII Tarakan, Wadanpuspenerbal, Paban IV Dukops Sopsal Mabes, Asops Guspurla Armada II, Irkoarmada II, Aslog Danlantamal XIII, Para Dirpuspenerbal, Kafasharkan Pesud, Danlanudal Juanda, Dankolat Penerbal, Dan Wing Udara 1, Dan Wing Udara 2, KSD Infolahta Letkol Laut (P) Slamet Riyanto, Kabagmin Letkol Laut (P) Bandi, Pasminlog/Kaprimkopal Lanudal Juanda, Paban 2 Jemen Srenal, Paban 2 Pam Spamal Letkol Sunandar, Asrena Danlantamal XIII, Kasubdis Faskon Faslanal, Letkol Laut (T) Lilik Suhartono Kabeng Harpesud, Para Komandan Lanudal dari luar Surabaya, Mayor Laut (P) Marwanto Paopsjar Senerbal, Kasi Intel Puspenerbal, Kepala BPKAD Bulungan Kaltara Bpk. Tumagon, Kepala Bandara  Selor Bulungan Kaltara Bpk. Sofyan, Kepala Bapeda dan Litbang Bulungan Kaltara Bpk. Kristiyanto, S.P., M.T., Kasubdit Wasdal Aset Bulungan Ibu Puspa Dinar dan Staf Ibu Istiqomah serta para Perwira Jajaran Puspenerbal.
 


Anda pembaca ke 188 dari 188