KOMANDAN PUSPENERBAL PIMPIN UPACARA HUT KE-64 PENERBANGAN TNI AL TH. 2020 BERSAMA JAJARAN PUSPENERBAL
Juanda
Diposkan oleh renbang 17 Juni 2020 pukul 05:28:57PM
Update terakhir 17/06/2020, 06:09:22PM

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Pen_puspenerbal
Fotografer : Pen_Puspenerbal

(Puspenerbal 17/06/2020) - Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin S.H., M.Han memimpin Upacara peringatan Hari Ulang ke-64 Penerbangan TNI Angkatan Laut tahun 2020, kali ini HUT Penerbangan TNI AL mengambil tema “Penerbangan TNI AL Hebat, Angkatan Laut Kuat, Indonesia Jaya”, dan upacara dilaksanakan di Apron Hanggar Fasharkan Pesud Puspenerbal Juanda.

Pada Upacara HUT Penerbangan TNI AL saat ini dilaksanakan berbeda dengan sebelumnya, Upacara dilaksanakan oleh seluruh Prajurit Penerbangan TNI AL wilayah Surabaya dan secara live dapat disaksikan oleh Prajurit Penerbangan TNI AL jajaran Puspenerbal di luar Wilayah Surabaya melalui Komunikasi Video Conference (Vidcon) seperti Wing Udara 1 Tanjungpinang, Lanudal Tanjungpinang, Lanudal Biak, Lanudal Sabang, Lanudal Kupang, Lanudal Matak, Lanudal Jakarta, Lanudal Manado dan ikut serta dalam Vidcon Jajaran Puspenerbal Penerbang TNI AL Satgas MTF UNIFIL Libanon yang secara langsung online dari Libanon, ikut hadir Crew Satgas Udara Pesud TNI AL P-8303 CN-235 di Sorong dan Crew Satgas Udara Pesud TNI AL P-8305 CN-235 di Tarakan.

Upacara hari Penerbangan ini diselenggarakan dalam rangka memperingati sejarah dan pengabdian penerbangan TNI Angkatan Laut selama 64 tahun, tepatnya tanggal 17 Juni 1956 yang dimulai pembentukan Biro Penerbangan ALRI, kemudian mengalami beberapa kali perubahan Struktur hingga menjadi Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut seperti yang kita ketahui saat ini. Pengajuan Validasi Puspenerbal lebih lanjut diharapkan dapat menjadi pendorong kinerja Organisasi yang lebih baik lagi untuk membawa keberhasilan pelaksanaan Operasi dan Latihan.
 
Penerbangan Angkatan Laut merupakan komponen Sistem Senjata Armada Terpadu (SSAT) yang memiliki peran sangat besar baik dalam Operasi Militer Perang (OMP) dan Operasi Militer Selain Perang (OMSP). Selain menjadi kepanjangan mata dan tindakan taktis dari KRI, dengan memanfaatkan aspek kecepatan dan manufer serta evektif sebagai Patroling Force, Sporting Force dan mendukug Striking Force.
 
Penerbangan Angkatan Laut telah mencatat sejarah dan eksistensinya dalam berbagai jenis operasi, baik dalam situasi perang maupun selain perang yang dilaksanakan dari awal kemerdekaan hingga kini antara lain Operasi Trikora, Operasi Dwikora, Operasi Seroja, Operasi Perdamaian Dunia yang tergabung dalam Maritim Task Force (MTF), Operasi Pembebasan Sandra di Somalia dan Filipina, Operasi Kemanusian dan SAR. Saat ini Penerbangan Angkatan Laut juga berperan serta mendukung pemerintah pusat maupun daerah dalam upaya penanggulangan Pandemi Covid-19.
 
Untuk itu, pengembangan organisasi serta kapabilitas Penerbangan Angkatan Laut mutlak diperlukan melalui peningkatan kesiapan Alutsista Pesawat Udara, Helikopter, dan Unmanned Aerial Vehicle (UAV). Selain itu, direncanakan pelaksanaan pengembangan organisasi Puspenerbal melalui Validasi Organisasi Pangkalan dan Wing Udara serta pembentukan Direktorat keselamatan terbang dan kerja untuk meningkankan kapabilitas Penerbangan TNI Angkatan Laut secara lebih signifikat, menuji kekuatan yang siap dioprasikan/Operational Ready Force (ORF).
 
Peningkatan kapabilitas tersebut juga melingkupi peningkatan kemampuan pesawat udara serta rematerialisasi pesud patmar, sebagai upaya meningkatkan kehadiran kekuatan Penerbangan TNI Angkatan Laut di daerah operasi dalam kesatuan sistem SSAT untuk menjaga kedaulatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
 
Disela-sela ramah tamah seusai Upacara HUT TNI AL dilaksanakan, diputar film-film ucapan Selamat atas Hari Ulang Tahun Penerbangan TNI AL yang sampaikan diantaranya oleh Kasal, Pangarmada I, II, III, Kapolda Jatim, Sesepuh Penerbangan TNI AL dan Forkopimda di Wilayah Juanda.
 
 
 
 
 
 

 



Anda pembaca ke 444 dari 444