LANGKAH-LANGKAH YANG DILAKUKAN PRAJURIT PUSPENERBAL UNTUK MELAWAN COVID 19
Juanda
Diposkan oleh renbang 23 Maret 2020 pukul 10:20:42AM
Update terakhir 23/03/2020, 10:49:48AM

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Yu_Dha

Juanda (23/03), Puspenerbal meningkatkan mitigasi penyemaran virus COVID-19 di seluruh jajaran khususnya kepada personel setiap pagi dengan melakukan deteksi suhu tubuh sebagai indikasi awal. Hari ini Puspenerbal melaksanakan mitigasi lebih intensif tidak hanya deteksi tubuh dengan termometer non-kontak dan hand sanitiser namun ditingkatkan dengan menyemprotkan Disinfektan ke seluruh tubuh personel secara satu per satu di dalam tenda isolasi. Penyemprotan dilakukan oleh petugas medis dari rumah Sakit dr. Soekantyo Tjahja Lanudal Juanda. Hal ini unuk langkah prosedur dalam mengantisipasi penyebaran virus Corona di lingkungan perkantoran Markas Puspenerbal dan jajaran di seluruh Indonesia.
 
Pemeriksaan secara dini tersebut dipantau langsung oleh Wakil Komandan Puspenerbal Kolonel Laut (P) Sisyani Jaffar, S.M. dan Kepala Subdit Lambangja Ditops Letkol Laut (KH) Dr. Martin DAW, S.S,S.H,M.A.P. selanjutnya secara rutin Puspenerbal melaksanakan penyemprotan Disinfektan di dalam dan di luar perkantoran untuk memimalisir penyebaran virus COVID-19 ini.
 
 
Mulai terhitung tanggal 18 Maret 2020, Puspenerbal telah menetapkan untuk tidak menerima tamu maupun mitra kerja  di lingkungan jajaran Puspenerbal sebagaimana diatur dalam Surat Edaran Danpuspenerbal Nomor SE/36/III/2020 tanggal 18 Maret 2020 tentang Penutupan Izin Akses Tamu Mitra di Jajaran Puspenerbal. Sebelumnya Danpuspenerbal juga telah melakukan antisipasi penyebaran virus COVID-19 dengan mengeluarkan Surat Edaran Nomor SE/17/I/2020 tanggal 31 Januari 2020 tentang Kewaspadaan Penyebaran Virus Novel Corona dalam pengoperasian pesawat udara TNI AL.
 
 
Dalam pengarahan Wadan Puspenerbal yang disampaikan pada apel pagi ditekankan beberapa hal sebagai berikut:
a.        Melaksanakan kebersihan diri dengan cara cuci tangan menggunakan hand sanitiser dengan benar.
b.        Membersihkan lingkungan dan penyemprotan disinfektan.
c.        Menutup hidung dan mulut menggunakan masker sebagai bentuk proteksi diri dan orang lain.
d.        Olah raga secara teratur.
e.        Menghindari kontak dengan orang lain termasuk berjabat tangan.
f.         Meningkatkan kewaspadaan terhadap pertemuan dengan orang lain.
g.        Mengkonsumsi makanan sehat dan teratur.
h.        Jangan melakukan perjalanan yang tidak penting atau mendesak.
i.         Melaksanakan tugas dari rumah.
j.         Selalu berdoa kepada Tuhan Yang Mah Esa agar dijauhkan dari cobaan, gangguan dan hambatan khususnya dari virus Corona.
 
 
Wadan Puspenerbal juga mengajak seluruh warga penerbangan untuk melaksanakan hidup sehat dengan melakukan pemanasan setiap pagi agar stamina tubuh tetap terjaga dengan baik. Semoga wabah Corona segera berakhir dan kita dapat beraktifitas dan bertugas kembali dengan normal serta dengan langkah-langkah inilah kita bisa melawan virus covid 19.


Anda pembaca ke 363 dari 363