GUNA MENCEGAH DAN MENGATISIPASI MASUKNYA VIRUS CORONA PUSPENERBAL MELAKSANAKAN SOSIALISASI KESEHATAN TENTANG PENYEBARAN VIRUS CORONA DI INDONESIA KEPADA PRAJURIT DAN PNS PUSPENERBAL
Juanda
Diposkan oleh renbang 4 Maret 2020 pukul 02:45:37PM
Update terakhir 04/03/2020, 02:55:59PM

Reporter : Pen_Puspenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_Puspenerbal

Juanda (04/03), Demi menjaga dan melindungi keluarga seluruh prajurit Puspenerbal,  Direktur personil Kolonel Laut (P) Batos Laksono Puspenerbal membuka acara "sosialisasi kesehatan tentang penyebaran virus corona di Indonesia kepada prajurit dan PNS Puspenerbal," 
 
Kegiatan sosialisasi ini dipaparkan oleh dr. Acup Zaenal, MPH dari kantor kesehatan pelabuhan kelas I Surabaya  tentang perkembangan virus, cara penanganan dan cara mengantisipasinya.
 
Turut hadir dalam kegiatan tersebut Direktur Opeasional Puspenerbal, Komandan Wing Udara 2, Komandan Kolaat Penerbal, Kafasharkan Pesud dan Seluruh Prajurit serta PNS Puspenerbal.
 
Momen kegiatan sosialisasi kesehatan yang diselenggarakan ini adalah wujud kepedulian dari dinas kesehatan puspenerbal dalam upaya pembinaan kesehatan para  prajurit dan pns yang bersifat preventif dan kuratif terhadap  maraknya pemberitaan tentang penyebaran virus corona di indonesia. hal ini juga didasari dari pernyataan yang disampaikan presiden ri joko widodo dalam konferensi pers pada hari senin tanggal 2 maret 2020 di istana merdeka, jakarta pusat “presiden mengatakan, virus corona atau covid-19 telah menjangkiti dua warga di Indonesia masing-masing berusia 64 tahun dan 31 tahun yang dinyatakan positif terin-feksi virus corona”. meskipun sejak sejak awal pemerintah indonesia telah serius dan sangat ketat  mengikuti protokol kesehatan dari world health organization (who) yang berkai-tan dengan corona dan juga bekerja sama dengan perwakilan who di jakarta. termasuk menjaga masuknya penyebaran virus tersebut dari 135 pintu masuk ke nagara indonesia baik darat, laut, udara, namun dalam praktiknya pengecekan dengan thermal scanner juga tid-ak bisa dijamin 100 persen.
 
 
Oleh karena itu, pencegahan yang terbaik adalah dimulai dari diri sendiri dan keluarga dengan menjalani pola hidup sehat dan rajin berolahraga serta menjaga kebersihan di lingkungan tempat tinggalnya. karena dimulai dari individu yang berpola hidup sehat, penyeb-aran virus corona ini dapat diminimalisir penyebarannya. usaha preventif yang dilakukan oleh dinas kesehatan puspenerbal untuk meningkatkan kepedulian terhadap berbagai masalah kesehatan yang diderita atau berpotensi untuk diderita oleh para prajurit, pns, maupun keluarga agar dapat mencegah penyebaran virus corona yang saat ini sudah menjadi permasalahan dunia.

Penyelenggaraan kegiatan sosialisasi kesehatan kali ini memfokuskan pada sasaran para prajurit dan pns TNI AL maupun keluarga di lingkungan Puspenerbal, yang saat ini sehat tetapi mempunyai risiko terinfeksi agar secara dini dapat dicegah.  oleh sebab itu perlu adanya edukasi dan sosialisasi infeksi virus corona  tentang bagaimana gejala awalnya dan cara mengatasinya sehingga para prajurit dan pns puspenerbal terbebas dari infeksi virus coro-na ini. selanjutnya dengan bekal pengetahuan yang kita peroleh dari sosialisasi ini kita dapat turut mensosialisasikan kepada keluarga dan masyarakat sekitar sehingga tidak mudah terprovokasi oleh menyebarkan berita-berita hoax tentang virus corona yang dapat menimbulkan keresahan di masyarakat.
 


Anda pembaca ke 181 dari 181