UPAYA-UPAYA STRATEGIS DAN EFEKTIF LINDUNGI KEPENTINGAN NASIONAL SERTA MENEGAKKAN KEDAULATAN NEGARA
Jakarta
Diposkan oleh renbang 2 Desember 2021 pukul 03:33:19PM
Update terakhir 02/12/2021, 03:33:19PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (02/12)

Hingga saat ini, sengketa wilayah Laut China Selatan masih menjadi perhatian negara-negara di dunia, khususnya ASEAN. Sebagai negara anggota ASEAN, sudah barang tentu, Indonesia turut angkat suara dan mengambil sikap terkait dengan konflik tersebut.

Komandan Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal), Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M.Han., menghadiri Workshop TNI AL Tahun 2021 di Auditorium Yos Sudarso, Sekolah Staf dan Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal) , Kebayoran lama, Cipulir, Jakarta Selatan, Kamis (02/12/2021). Sekolah Staf Komando TNI Angkatan Laut (Seskoal)  menyelenggarakan Workshop TNI AL  Tahun 2021 ini selama 2 hari, yaitu mulai 02 s.d 03 Desember 2021.

Acara Workshop ini dibuka oleh Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, dengan tema “Strategi Menghadapi Kemungkinan Terjadinya Konflik Terbuka di Laut China Selatan” melalui Video Conference (Vicon).

Kasal dalam sambutannya , mengatakan bahwa menyikapi dan mengantisipasi perkembangan situasi di Laut China Selatan saat ini, perlu adanya upaya-upaya strategis dan efektif dari seluruh elemen-elemen Pemerintah untuk melindungi kepentingan nasional dan menegakkan Kedaulatan Negara yang kita cintai ini.  Harapan Kasal dengan adanya Workshop ini guna Menyusun strategi dalam rangka merespon segala kemungkinan yang mungkin terjadi.

Kegiatan yang dilaksanaka selama dua hari, untuk hari pertama para peserta Workshop menerima Paparan Presentasi dari Narasumber yang ada, dan untuk hari kedua setiap peserta akan dibagi dalam tiga kelompok dan akan berdiskusi dan memaparkan hasil diskusi terkait Strategi Indonesia Menghadapi Kemungkinan Terjadinya Konflik Terbuka di Laut China Selatan dari sisi operasional, hukum dan sisi politik.

Kegiatan tersebut menghadirkan 7 Pembicara, diantaranya Panglima Komando Gabungan Wilayah (Pangkogabwilhan) 1 Laksamana Madya TNI Muhammad Ali, Deputi Bidang Opslat Bakamla RI Laksamana Muda TNI Dr. TSNB Hutabarat., M.M.S., Laksamana Muda TNI  (Purn) Dr. Lutfi Syaefullah, S.H., M.H., MMDS., Wakababinkum TNI Laksamana Pertama TNI Kresno Buntoro, S.H., LLM., Ph.D., Asdep Koordinasi Kerjasama Asean Kemenkopolhukam Abdulah Zukifli, S.T., M.S., Guru Besar Bidang Hubungan Internasional Unhan Prof . Anak Agung Banyu Perwita., Edi Prasetyono, S.Sos., M.s., Php., dan sebagai moderator Tysa Novenny  Presenter TV One dan Mayor Laut (KH/W) Shannet Febriyanti, S.H., M.H. M.Tr (Opsla) .

Selama kegiatan berlangsung tetap melaksanakan Protokol Kesehatan yang ketat mulai dari Awal Masuk Gedung Melaksanakan Swab Antigen, Menggunakan Masker, Menjaga Jarak dan Mencuci Tangan.



Anda pembaca ke 70 dari 70