UKUR TINGKAT KEBUGARAN PRAJURITNYA, PUSPENERBAL LAKSANAKAN TEST GARJAS
Juanda
Diposkan oleh renbang 9 Oktober 2021 pukul 12:47:57PM
Update terakhir 09/10/2021, 12:47:57PM

Reporter : Penpus
Editor : Maysolikin
Fotografer : Penpus

Puspenerbal, 9 Oktober 2021,--- Tes Kesegaran Jasamani (Garjas) adalah merupakan salah satu bagian penting yang tidak bisa dipisahkan ditubuh TNI, dengan media garjas ini kita dapat mengukur tingkat kebugaran jasmani masing-masing personel. 


Hal tersebut disampaikan Kepala Seksi Perawatan personel (Kasi Watpers) Pusat Penerbangan TNI Angkatan Laut (Puspenerbal) Mayor Laut (P) Agus Wijaya sesaat memimpin peregangan Garjas di Lapangan Marseling Area Lanudal Juanda Puspenerbal Sidoarjo, Jum’at (8/10). 

Lebih lanjut menurutnya, tes Garjas ini penting, selain untuk mengetahui kondisi fisik, juga agar kondisi tubuh kita tetap sehat dan bugar, sehingga diharapkan dengan kondisi fisik yang prima dapat melaksanakan tugas dengan baik dan maksimal, ujarnya. 

Tes Kesegaran Jasmani yang diujikan untuk militer meliputi tes Baterai “A” dan tes Baterai “B”, untuk baterai A yaitu lari selama 12 menit, sedangkan untuk Baterai B meliputi Pull Up, Sit Up, Push Up dan Shutlle Run. 

Sedangkan untuk Pegawai Negeri Sipil (PNS) hanya melaksanakan Baterai “A” saja berupa lari sebanyak 2400 Meter dengan hitungan nilai kecepatan. Tes Garjas ini merupakan pelaksanaan program kerja Jasrek Puspenerbal Periodik II Tahun Anggaran 2021. 

Sekitar 100 personel baik militer maupun PNS mengikuti Tes Garjas gelombang pertama, jumlah tersebut sudah disesuaikan dengan protokol kesehatan dimana sebelum pandemi terjadi yang mengikuti Tes Kesegaran Jasmani rata-rata diatas 200-an lebih.


Anda pembaca ke 22 dari 22