TABUR BUNGA MENGENANG KECELAKAAN NOMAD P-833 DI PANTAI BATEE SABANG
sabang
Diposkan oleh renbang 6 Desember 2019 pukul 07:30:06AM
Update terakhir 06/12/2019, 07:31:59AM

Reporter : Pen_Lan Sabang
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Lan Sabang

Bertepatan dengan Hari Armada 5 Desember 2019 Komandan Lanudal Sabang Letkol Laut (T) Sunarto setelah selesai menjadi Irup pada upacara peringatan Hari Armada di Lapangan Apel Lanal Sabang  berkenan melaksanakan acara Tabur Bunga di Pantai Batee Daun, Ujong Kareung, Sukajaya, Sabang (05/12/2019).

Acara Tabur Bunga di laksanakan di pantai ujung karang setelah upacara Peringatan Hari Armada  untuk mengenang rekan-rekan Prajurit Penerbangan Angkatan Laut yang Gugur dalam menunaikan tugas BKO Operasi Wilayah Barat dan sekitar Lanudal Sabang, kita mengenang Dharma baktinya dan pengabdianya dalam melaksanakan tugas BKO Operasi Wilayah Barat untuk kejayaan Penerbangan Angkatan Laut dan NKRI ungkap Danlanudal Sabang setelah selesai menjadi Irup pada upacara peringatan Hari Armada dan Tabur bunga di Pantai Batee Daun, Ujong Kareung, Sukajaya Sabang.

Kilas balik peristiwa kejadian pada Hari Minggu tanggal 30 Desember 2007, Sebuah pesawat Nomad P- 833 mengalami kecelakaan dan  jatuh di Laut Pulau Sabang, Nanggroe Aceh Darussalam. Lokasi kecelakaan jatuhnya Pesud Nomad P-833 berjarak sekitar 200 meter dari Pantai Batee Daun, Ujong Kareung, setelah pesawat lepas landas dari Bandara Maimun Saleh, Kota Sabang menuju Medan, Sumatera Utara, sekitar pukul 11.10. Lima menit kemudian satu  engine pesawat mengalami trouble dan mati diudara (single engine) namun Captain Pilot masih bisa berkomunikasi dengan petugas tower bandara bahwa Pesud mengalami trouble engine dan minta ijin  untuk melakukan emergency landing. Selanjutnya pesawat yang membawa 7 personel termasuk Crew pesud itu langsung jatuh kelaut dan tidak sampai di Landasan, menurut saksi mata masyarakat, pesawat tersebut sempat terapung dan kemudian meledak sebelum tenggelam. Sebanyak lima orang gugur Captain Pilot Lettu Laut (P) Eri Sambudi, Copilot Letda Laut (P) Aris Supitoyo, Tekhnisi/Serang Serma Mpu F. Yudhi Sumbakwan,  Mayor Laut (P) Suwito yang saat itu menjabat Komandan Lanudal Sabang dan PNS Trianda, Korban yang selamat dua orang Sertu Mpu Slamet Agustono dan Kls Mpu Agus Riadi.



Anda pembaca ke 340 dari 340