TINGKATKAN PREPARATION TERBANG MULA, SISWA DIK PENERBANG TNI AL ANGKATAN XXIV LAKSANAKAN COCKPIT DRILL
Skuadron_200
Diposkan oleh renbang 4 Desember 2019 pukul 09:15:04PM
Update terakhir 04/12/2019, 10:12:44PM

Reporter : Pen_WIng2
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Pen_WIng2

Rabu, 04 Desember 2019 – Siswa Dik Penerbang Angkatan ke - XXIV yang terbagi menjadi 2 kelompok  setiap hari bergiat di Skuadron Latih, Ron- 200 Wing Udara 2, kelompok pertama terdiri dari 7 siswa yang memasuki fase simulator menggunakan Frasca model 141/TB-10 dan kelompok kedua terdiri 6 siswa saat ini memasuki fase terbang menggunakan pesawat latih jenis Tampico TB-9. Selain melaksanakan Lattek simulator dan terbang menggunakan Tampico, mereka juga melaksanakan latihan Cockpit drill untuk meningkatkan kemampuan dan ketrampilan dalam mempersiapkan Lattek terbang dan juga untuk mengisi waktu yang ada sembari menunggu giliran terbang. Latihan cockpit drill dilaksanakan di cockpit pesawat Tobago TB-10 di shelter skuadron 200.

Cockpit drill merupakan salah satu proses pengaplikasian checklist bagi para Penerbang dengan cara melaksanakan simulasi prosedur pengoperasian pesawat dengan kodisi pesawat berada pada posisi standby (tidak bergerak). Latihan ini bertujuan agar Penerbang dapat memahami dengan baik dan benar prosedur pengoperasian pesawat, sehingga para Penerbang akan lebih confidence pada saat melaksanakan penerbangan.
 

Seperti yang dilaksanakan oleh Letda Laut (E) Agil Gusdwiyanto, S.Tr.(Han) dan Letda Laut (S) Jonathan B.P.P. Manullang S.Tr.(Han), cockpit drill dilaksanakan bergantian dan saling mengkoreksi satu sama lain jika terdapat kesalahan baik prosedur pengoperasian maupun prosedur komunikasi antar pesawat dan ATC.


Anda pembaca ke 168 dari 168