SOSIALISASI KESEHATAN, MOTIVASI AGAR TETAP MENJAGA KESEHATAN
Juanda
Diposkan oleh renbang 10 Oktober 2019 pukul 09:55:16PM
Update terakhir 11/10/2019, 11:17:46AM

Reporter : Dams
Editor : Maysolikin
Fotografer : Dams

Pusat Penerbangan Angkatan Laut (Puspenerbal) menyelenggarakan sosialisasi kesehatan tentang materi Hepatitis, Jantung dan Diabetes kepada Jajaran personel Puspenerbal, Juanda, Kamis (10/10) di Gedung Balai Prajurit RM Moedjono Poerbonegoro Puspenerbal JuandaSosialisasi tersebut kerjasama antara Yayasan Penyuluhan Kesehatan Indonesia dan Puspenerbal.


Dalam kata sambutan Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M.Han., yang di wakili oleh Dirpers Puspenerbal Kolonel Laut (P)  Batos Leksono menyampaikan kegiatan ini akan dapat meningkatkan pengetahuan serta menambah wawasan berkaitan dengan hal-hal yang menjadi penyebab dan pemicu penyakit sehingga dapat dideteksi lebih awal. Kegiatan penyuluhan ini diharapkan akan dapat meningkatkan kesehatan, kesejahteraan dan kebahagiaan keluarga.

Acara dilanjutkan dengan Sosialisasi Kesehatan beberapa Materi, Materi pertama,  Hepatitis oleh dr. Feny Irawati, menjelaskan

"Hepatitis adalah infeksi serius pada hati yang disebabkan oleh virus Hepatitis (HBV). Hepatitis  bisa menyebabkan kondisi akut dan kronis pada pasien. "Jika sudah memasuki level kronis, penyakit ini bisa membahayakan nyawa penderitanya. Jika tidak segera ditangani, penderita Hepatitis kronis berisiko terkena sirosis, kanker hati, atau gagal hati." Jelas dr. Feny Irawati.

Selanjutnya materi kedua, Resusitasi Jantung Paru oleh Lettu Laut (K) Muji Hendro menjelaskan

"Resusitasi Jantung Paru (RJP) dilakukan terhadap korban henti nafas,  seperti sumbatan jalan nafas, depresi pernafasan. Selain itu RJP juga diberikan kepada korban henti jantung,  seperti penyakit jantung dan trauma". kata lettu muji

Dilanjutkan dengan Materi ketiga, Diabetes dan Komplikasinya oleh Ibu Eka Suryati, SKM, menyampaikan

"Penderita diabetes upaya yang dilakukan mengatur frekuensi menu makanan menjadi lebih sehat, menjaga berat badan ideal, serta dapat dilakukan dengan olahraga, pembatasan asupan kalori dan pengurangan berat badan, Olahraga dan pembatasan kalori berefek positif pada tingkat sensitivitas insulin. Di samping itu, olahraga dan pembatasan kalori bermanfaat positif mengatur keseimbangan glukosa dalam tubuh atau glukoregulasi, Ujar ibu eka.

Diharapkan dengan adanya Sosialisasi ini, dapat mengerti bagaimana cara agar terhindar dari penyakit. Dalam sosialisasi ini, dihadiri oleh Perwira, Bintara, Tamtama dan Ibu-Ibu Jalasenastri Korcab I Puspenerbal. 
 
 
 


Anda pembaca ke 130 dari 130