SKUADRON UDARA 400 WING UDARA 2 MELAKSANAKAN PENINGKATAN DAN PEMANTAPAN KUALIFIKASI AIR CREW DALAM MELAKSANAKAN TERBANG DAN FASTROPE EXERCISE DI MALAM HARI DENGAN SATKOPASKA KOARMADA II
Juanda
Diposkan oleh renbang 25 September 2021 pukul 01:19:37PM
Update terakhir 25/09/2021, 01:19:37PM

Reporter : Pen_Wing Udara 2
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Wing Udara 2

Puspenerbal, 24 September 2021,--- Dalam rangka peningkatan dan pemantapan kualifikasi Para Penerbang dan Air Crew Helikopter Wing Udara 2, Skuadron Udara 400 Melaksanakan latihan Terbang Malam dan Fastrope Exercise di malam hari dengan Satkopaska Koarmada II.

Pada Terbang malam kali ini berbeda dengan sebelumnya yaitu kombinasi Latihan Taktik Tempur oleh pasukan Satkopaska Koarmada II. Pada kesempatan ini Skuadron Udara 400 menggunakan 2 Unsur, yaitu Heli B0-105 Bolkow dan Bell-412EP dengan 3 Sortie penerbangan yang dilaksanakan, 2 Sortie Heli BO-105 Bolkow dan 1 Sortie Heli Bell-412 terdiri dari 3 Run/3 kali Dropping pasukan Satkopaska menggunakan metode Fastrope.

Kegiatan diawali dengan Paparan Terbang Malam oleh Penerbang yang dilaksanakan di ruang Operasi Skuadron Udara 400 dilanjutkan makan malam bersama sebelum pelaksanaan penerbangan. Briefing diikuti oleh Seluruh Komponen yang terlibat, mulai dari Air Crew, Satkopaska, PMK, Kesehatan, PAM , dan Briefing Office Lanudal. Semua unsur terkait turut hadir guna mendukung tercapainya tahap pelaksanaan kegiatan Terbang Malam sesuai dengan tahap perencanaan dengan optimal.

Sortie pertama diawali heli BO-105 Bolkow HE-4112 dengan Instructor Pilot Kapten Tri Yudha dan siswa Letda Eka Al Rasyid melaksanakan Night Flight menuju ke Area Selatan Aerodrome Juanda dilanjutkan Sortie kedua oleh Lettu Eko Nur Hidayat dan Letda Diko Arbiyando. Sortie terakhir heli Bell-412 HU-4205 dengan Pilot Letda Marthin dan Letda Hutama melaksanakan Fastrope Exercise sebanyak 3 Run terdiri dari 24 peserta dan 2 Jumping Master oleh Satkopaska Koarmada II. Seluruh kegiatan berjalan aman dan lancar serta Tahap Pelaksanaan dapat dilaksanakan sesuai dengan Tahap Perencanaan dengan Optimal.

Turut hadir dan mendukung kegiatan antara lain Komandan Satkopaska Koarmada II, Pasops Satkopaska Koarmada II, Komandan Skuadron Udara 600 Wing Udara 2 sebagai Pgs. Pasops Wing Udara 2 dan Komandan Skuadron Udara 400 Wing Udara 2 Serta Pendukung lainnya. Latihan Fastrope di malam hari tidak rutin dilaksanakan sehingga pada kesempatan ini Prajurit Skuadron Udara 400 dan Satkopaska Koarmada II sangat bersemangat dan antusias dalam melaksanakan latihan dengan harapan bahwa dengan latihan ini, kemampuan dan profesionalisme yang kita miliki nantinya dapat mendukung tugas dan amanat yang diberikan kepada kita semua TNI Angkatan Laut, TNI, Bangsa dan Negara.



Anda pembaca ke 103 dari 103