SEBAGAI UPAYA PENCEGAHAN PENYEBARAN COVID-19 SELURUH PRAJURIT KOLAT PENERBAL JALANI RAPID TEST
Juanda
Diposkan oleh renbang 16 September 2020 pukul 09:47:53PM
Update terakhir 16/09/2020, 09:47:53PM

Reporter : Pen_Kolat_Penerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda - Sebagai upaya pencegahan dini serta pemutusan mata rantai penyebaran Covid-19, Komandan Kolat Penerbal, Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M.Tr(Han) beserta seluruh prajurit Kolat Penerbal menjalani kegiatan Skrining Rapid Test yang dilaksanakan di lobby Mako Kolat Penerbal, Senin, 14/09/2020.

Kegiatan Rapid Test tersebut dilaksanakan setelah pelaksanaan apel pagi dengan mendatangkan tujuh tenaga kesehatan dari Rumkital Dr. Soekantjo Jahja yang di dipimpin oleh Lettu Laut (K) dr. Elsye dan Letda Laut (KH) Dwi S. dibawah kordinator Karumkit Mayor Laut (K) dr. Widodo.    

Dengan dilengkapi APD (Alat Pelindung Diri) pada pelaksanaannya tim kesehatan memeriksa prajurit Kolat Penerbal secara tertib dan teratur serta melaksanakan prosedur tetap protokol kesehatan Social Physical Distancing, menggunakan Handsanitizer serta menggunakan masker.

Rapid Test merupakan metode pemeriksaan atau tes secara cepat didapatkan hasilnya dengan mengambil sampel darah dari ujung jari, kemudian sampel darah akan diteteskan ke alat Catridge/Rapid Test untuk melihat adanya antibodi atau Imunoglobin yang menandakan orang tersebut sedang atau pernah mengalami Infeksi suatu virus atau tidak.

Penerapan pemerintah dalam tatanan New Normal belum menyurutkan penyebaran Covid-19, dengan pertimbangan tersebut, para pimpinan TNI AL khususnya Kolat Penerbal memberikan pelayanan pola Skrining Rapid Test bertahap yang diberikan kepada seluruh prajurit jajaranya, yang bertujuan untuk pengawasan dan mengetahui situasi dan kondisi kesehatan serta upaya mendeteksi dan mengantisipasi sejak dini penyebaran Virus Covid 19. 

Hasil dari kegiatan Skrining Rapid Test prajurit Kolat Penerbal rata-rata Non Reaktif, dan apabila ada indikasi yang hasilnya Reaktif, akan segera dilakukan penanganan lebih lanjut untuk lebih memastikan Covid 19.


Anda pembaca ke 62 dari 62