PRAJURIT PENGAWAK PESUD PUSPENERBAL MENGIKUTI PENYEGARAN ALAR DAN CFIT DI WISPA LANUDAL JUANDA
Juanda
Diposkan oleh renbang 13 Februari 2020 pukul 07:09:11PM
Update terakhir 13/02/2020, 07:11:21PM

Reporter : Pen_Kolat
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Letnan_Ery

Juanda, Kamis tanggal 13 Februari 2020, sebanyak 140 personel jajaran satker Puspenerbal khususnya pengawak pesud mengikuti Kegiatan Penyegaran ALAR (Approach and Landing Accident Reduction) dan CFIT (Controlled Flight Into Terrain) TA 2020 di Wisma Perwira Lanudal Juanda.

Kolat Penerbal sebagai salah satu satker jajaran Puspenerbal bertindak selaku penyelenggara kegiatan tersebut. Hal ini erat kaitannya dengan tugas pokok Kolat Penerbal sebagai penyelenggara latihan dan kursus dalam melaksanakan pembinaan personel penerbangan TNI AL. 

Dalam kegiatan tersebut, disampaikan materi pengetahuan teknik prosedur untuk menghadapi resiko accident yang sering dihadapi saat melaksanakan tugas terbang di daerah operasi dan latihan, diantaranya resiko accident saat melaksanakan take off, approach, landing dan melewati medan ketinggian/terrain. Instruktur yang dihadirkan sebagai pemberi materi dalam kegiatan tersebut adalah Bapak R. Diyan Subismo, S.E., S.S.T., M.M. selaku direktur operasional PT. AirNav Indonesia Wilayah Bandara Juanda dan Cpt. Herdono Sumantri dari Merpati Training Centre (MTC) Juanda. Adapun tujuan dari pelaksanaan Kegiatan Penyegaran ALAR dan CFIT TA 2020, personel mampu melaksanakan tugas penerbangan yang beresiko tinggi dengan aman dan terhindar dari kecelakaan sehingga zero accident dan safety bisa tercapai. Sehingga, meminimalisir terjadinya kecelakaan/accident pada saat melaksanakan penugasan yang mengakibatkan kerugian materiil dan personel.

Pada acara Pembukaan Kegiatan ALAR dan CFIT TA 2020, Komandan Puspenerbal, Laksamana Pertama TNI Edwin, S.H., M. Han. berkenan membuka Kegiatan secara resmi, tampak hadir pejabat utama Puspenerbal Kasatker jajaran Puspenerbal wilayah Juanda. Pada acara kali ini hadir pula Peninjau dari Mabesal Paban IV Dukops Sopsal Kolonel Laut (P) Wasis Priyono beserta Pabandya Nerbal Ban IV Sopsal Letkol Laut (P) Panji Pratikto; Wadan Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Sisyani Jaffar; Direktur Operasi Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Andri Wahyudi, S.H.; Direktur Personalia Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Batos Leksono; Direktur Perencanaan dan Pengembangan Puspenerbal, Kolonel Laut (P) Kicky Salvachdie, S.E.; Komandan Lanudal Juanda, Kolonel Laut (P) M. Thohir; Komandan Wing Udara 2, Kolonel Laut (P) Winardi, S.H.; Komandan Kolat Penerbal, Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han); Kafasharkan Pesud, Kolonel Laut (P) Bambang Yunianto, S.E.; dan Komandan Senerbal, Mayor Laut (P) Anang Adhi P.
 

Acara pembukaan diawali dengan pernyataan resmi pembukaan pelaksanaan Kegiatan Penyegaran ALAR dan CFIT TA 2020 oleh Komandan Puspenerbal selaku pimpinan acara dan dilanjutkan dengan sambutan. Dalam sambutannya, Komandan Puspenerbal, memberikan arahan kepada seluruh peserta. Pertama, Pemberian apresiasi kepada personel Kolat Penerbal yang telah menyiapkan kegiatan ini dengan sebaik – baiknya. Kedua, agar seluruh peserta selalu memperhatikan dan mengembangkan semangat kebersamaan, kekeluargaan, serta ciptakan suasana yang kondusif baik antar peserta, instruktur maupun pendukung. Ketiga, agar seluruh peserta memahami teori, pengetahuan dan keterampilan yang diberikan, sehingga tujuan, sasaran, peningkatan efisiensi dan efektifitas kegiatan dapat tercapai. Keempat, agar selalu memperhatikan faktor keamanan dan keselamatan personel dan materiil dalam melaksanakan penugasan.
 

Acara pembukaan kegiatan dilanjutkan dengan sesi pemberian cinderamata kepada instruktur/pemateri, sesi foto bersama, dan ramah tamah.


Anda pembaca ke 416 dari 416