PRAJURIT PUSPENERBAL MELAKSANAKAN LATIHAN PENANGGULANGAN BAHAYA KEBAKARAN
Juanda
Diposkan oleh renbang 5 Agustus 2021 pukul 06:57:22PM
Update terakhir 05/08/2021, 06:57:22PM

Reporter : PenPus
Editor : Maysolikin
Fotografer : PenPus

Puspenerbal, 05 Agustus 2021,--- Latihan Pemadam Kebakaran merupakan perintah Komandan Pusat Penerangan TNI Angkatan Laut (Danpuspenerbal) Laksamana Muda TNI Edwin, S.H., M. Han., yang bertujuan untuk merefresh serta menambah pengetahuan Prajurit Puspenerbal dalam Penanggulangan pertama dalam bahaya Kebakaran. Kamis (5/8)

Di samping itu, selain memberikan pengetahuan ulang tentang alat - alat pemadam kebakaran, pelatihan ini juga dimaksudkan untuk mencegah terjadinya kecelakaan kerja atau zero accident.
Serta pelaksanaan latihan ini akan diselenggarakan secara terus menerus dan berkesinambungan agar seluruh Prajurit lebih siap, sigap, tepat dan profesional, ujar Danpuspenerbal.

Latihan penanggulangan kebakaran ini meliputi teori dan praktek lapangan yang dilaksanakan di Lapangan Apel Mako Puspenerbal.

Sedangkan sasaran latihan ini adalah untuk menyegarkan kembali ilmu yang didapat selama bertugas dan lebih terampil menggunakan serta mengoperasikan alat pemadam kebakaran secara optimal dan profesional.

Pada kesempatan tersebut, selain materi yang dilatihkan pada penanggulangan kebakaran meliputi jenis-jenis alat pemadam api ringan (APAR) dan cara penggunaannya, para prajurit juga diberikan kesempatan untuk mencoba alat pemadam api ringan.

Alat-alat pemadam api ringan adalah alat pemadam kebakaran yang dapat dijinjing atau dibawa dan dapat dioperasikan oleh satu orang, seperti tabung CO2, air, DCP, foam dan hallon, serta cara penggunaan alat pemadam tersebut, jelas instruktur.

Tim Instruktur menekankan pentingnya pengetahuan dan keterampilan menggunakan APAR ini bagi seluruh peserta. Hal ini dikarenakan kebakaran yang terjadi di bangunan kantor kebanyakan disebabkan hubungan arus pendek arus listrik. Dengan pengetahuan dan keterampilan penggunaan alat pemadam ini diharapkan dapat mencegah dan menanggulangi terjadinya kebakaran, sehingga latihan peran kebakaran ini dapat berjalan dengan lancar dan aman, sehingga terwujud nol kecelakaan atau zero accident.



Anda pembaca ke 149 dari 149