PESAN DI BALIK CERITA WAYANG KULIT PADA HUT ARMADA RI TAHUN 2021
Surabaya
Diposkan oleh renbang 5 Desember 2021 pukul 04:44:45PM
Update terakhir 05/12/2021, 04:44:45PM

Reporter : Penpus
Editor : Penpus
Fotografer : Penpus

Sidoarjo Puspenerbal, (05/12) 


Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Armada Republik Indonesia yang jatuh pada 5 Desember 202, Komandan Puspenerbal Laksamana Muda (Laksda) TNI Edwin, S.H., M.Han., menghadiri pagelaran Wayang Kulit  di Indoor Sport Komando Armada II (Koarmada II), ujung Surabaya, Sabtu (04/12/2021). Pagelaran wayang kulit ini dihadiri langsung Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksmana TNI Yudo Margono dan para Pejabat Utama Mabesal serta Komandan Kotama TNI AL.

Pertunjukan wayang kulit semalam suntuk ini digelar dengan dalang Ki Sigit Aryanto dan sinden Agnes Serfonso wanita asal Hongaria, serta diselengi dengan dagelan Cak Yudho dan Cak Andik. 

Pagelaran Wayang Kulit kali ini mengangkat lakon “Wahyu Katentreman” Cerita yang diangkat ini bermakna permohonan kepada Tuhan Yang Maha Kuasa untuk memberikan ilham dan kekuatan kepada para pemimpin TNI Angkatan Laut agar dapat membawa kejayaan Angkatan Laut dan memberikan kesejahteraan bagi prajuritnya serta memberikan manfaat bagi masyarakat, sehingga menimbulkan ketentraman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. 
 
Laksamana Yudo Margono dalam sambutannya mengatakan bahwa, “pertunjukan wayang ini bukan hanya sekedar tontonan belaka, namun juga sebagai sebuah tuntunan dimana cerita dalam lakon bisa diambil hikmahnya untuk kehidupan di masa depan yang lebih tentram”.

Sementara itu, tema Hari Armada tahun 2021 kali ini yakni “Armada RI Ksatria Pengawal Samudra Untuk Indonesia Tumbuh Indonesia Maju”. 

Dikesempatan terpisah Komandan Puspenerbal menambahkan, pagelaran ini juga merupakan upaya melestarikan budaya. "Melestarikan budaya Indonesia yang sudah mulai dilupakan oleh anak-anak zaman milenial.


Anda pembaca ke 71 dari 71