PERKEMAHAN SAKA BAHARI DAN PENYULUHAN NARKOBA SATUAN KARYA PRAMUKA BAHARI TINGKAT DAERAH JAWA TIMUR
Juanda
Diposkan oleh renbang 22 September 2019 pukul 03:54:34PM
Update terakhir 23/09/2019, 07:16:06AM

Reporter : Dams
Editor : Helmi
Fotografer : Helmi

Komandan Puspenerbal Laksamana Pertama TNI Edwin,  S.H. M.Han,  selaku Ketua Kambisaka Pramuka Jawa Timur, memimpin Upacara dalam rangka pembukaan Perkemahan Saka Bahari dan penyuluhan narkoba satuan karya pramuka bahari tingkat daerah jawa timur di Bumi Perkemahan Pulungan, Juanda, Sabtu (21/09).


Dalam amanat Komandan Puspenerbal menyampaikan bahwa di tengah-tengah berbagai kendala yang dihadapi oleh bangsa indonesia dalam upaya mempercepat pembangunan nasional saat ini,  Problematika permasalahan yang terjadi di masyarakat terus bermunculan. Khususnya problematika dalam kehidupan bermasyarakat seperti peredaran narkoba semakin marak dan beliau menegaskan generasi muda harus dapat memerangi narkoba dengan slogan tolak Narkoba.

Gerakan pramuka yang menekankan pendidikan dan pembentukan karakter berperan sangat penting dalam menyikapi berbagai permasalahan yang kit hadapi mulai dari penyalahgunaan narkoba,  masih adanya tawuran, masih banyaknya sikap intoleransi hingga penggunaan media sosial yang dipenuhi ujaran kebencian, kabar bohong dan pornografi yang harus ditanggulangi bersama- sama. termasuk dalam membentuk generasi muda Indonesia yang rela menolong,  tabah, cinta tanah air, berani, dan siap mempertahankan keutuhan NKRI berdasarkan Pancasila dan Undang-undang dasar 1945.
 
Kegiatan dilanjutkan Seminar Narkoba di gedung R. Moedjadi (Bapra Primkopal Juanda) pada minggu (22/09/2019), hadir dalam kegiatan Komandan  Puspenerbal beserta Ketua Umum Jalasenastri Korcab 1 Puspenerbal Ny. Wenny Edwin. Kegiatan di awali dengan menampilkan kebolehan dari ibu-ibu Jalasenastri Puspenerbal lantunan music Kulintang.
 
Sebagai pembawa seminar dr. Aisyah Dahlan Ketua AIRI (Asosiasi Rehabilitasi Sosial Narkoba Indonesia) menyampaikan bahaya Narkoba bagi generasi muda dapat menurunkan kesadaran, Merusak otak bahkan sampai dengan dengan menghilangkan kesadaran alias mengidap penyakit jiwa, yang lebih merugikan pengguna tingkat akud dapat membawa ke kematian. Banyak jenis Narkoba yang harus diwaspadai oleh seluruh  komponen Bangsa khususnya peserta penyuluhan Siswa-siswi Pramuka se-Jawa Timur, istilah yang digunakan pada jenis-jenis Narkoba yaitu NAPZA (Narkoba, Alkohol, Psikotropika dan Zat Adiktif lainnya).
 
Ibu Aisyah juga menyampaikan seminar Narkoba dengan theaterikal langsung dari mantan pengguna Narkoba yang telah mengikuti program Rehabilitasi di AIRI Jawa Barat, mereka menampilkan adegan-adegan  rekonstruksi dari penggunaan Narkoba sampai dengan efek yang mengenaskan pada pengguna Narkoba. Para pesertapun antusias menyaksikan, apa yang dialami para pengguna narkoba sampai dengan kematian. Menurut Ibu Aisya kegiatan pertunjukan ini sudah dapat ijin dari para mantan pengguna tersebut dan ini penting untuk evaluasi bagi para peserta penyuluhan yang notabenenya mereka adalah generasi muda Bangsa yang bebas dari Narkoba.
 
 
 
 
 
 
 
 
 


Anda pembaca ke 284 dari 284