PANGKALAN UDARA TNI AL KUPANG LATIHAN SIAGA PENANGGULANGAN BENCANA ALAM
Kupang
Diposkan oleh renbang 26 Oktober 2021 pukul 06:33:10PM
Update terakhir 31/10/2021, 06:33:10PM

Reporter : Pen_Lan Kupang
Editor : Maysolikin
Fotografer : Pen_Lan Kupang

Puspenerbal, 26 Oktober 2021,--- Kegiatan latihan siaga penanggulangan bencana alam ini diadakan oleh Pangkalan Udara TNI AL (Lanudal) Kupang yang berlangsung selama 8 hari yaitu tanggal 14, 15, 18,19, 21, 22, 25, 26 Oktober 2021.

Pada tanggal 14-15 Oktober 2021 peserta menerima pembekalan materi tentang pengenalan sistem peringatan dini gempa dan tsunami oleh BMKG.

Pada tanggal 18-19 Oktober 2021 peserta menerima materi tentang sistem komando tanggap darurat bencana oleh BPBD Kupang.

Pada tanggal 21-22 Oktober 2021 peserta menerima materi penanganan korban gempa bumi dan tsunami serta prosedur proses evakuasi mandiri dari ancaman resiko bencana gempa bumi oleh tim Basarnas Kupang

Pada tanggal 25 Oktober 2021 para peserta latihan menerima materi simulasi tentang gempa bumi dan dilanjutkan Tactical Floor Game (TFG) yang dihadiri oleh peserta dari Lanudal Kupang, BPBD, Basarnas, Tagana, dan Masyarakat sekitar Lanudal Kupang.

Pada tanggal 26 Oktober 2021, Apel kesiapan personel dan material yang dipimpin langsung Danlanudal Kupang Letkol Laut (E) Nasrul Azharudin C, S.T., M.Tr.Hanla dilanjutkan Simulasi latihan yang diawali dengan pengumuman dari BMKG bahwa telah terjadi Gempa Bumi dan Pusat Gempa berada disekitar Lanudal Kupang. Dengan bunyinya sirine tanda bahaya, Tim  reaksi cepat bergerak langsung menuju lokasi dan saling berkoordinasi dibawah kendali BPBD Kota Kupang.  

Dengan ditetapkannya Masa Tanggap Darurat Bencana Gempa Bumi yang diumumkan oleh Bupati Kupang, Tim SAR, Tim RC BPBD, Tagana dan Tim Medis Diskes Lantamal VII serta personel Lanudal Kupang melaksanakan operasi Pertolongan Penyelamatan dan Evakuasi Korban untuk dibawa ke Tenda Kesehatan. Sementara itu tim Logistik dan Peralatan mendirikan Tenda Pengungsian dan Dapur Umum di Lokasi sebelah barat apron Lanudal Kupang. Simulasi ini berakhir dengan adanya informasi BMKG bahwa potensi gempa bumi telah menurun maka Bupati Kupang selaku pimpinan daerah memutuskan  masa tanggap darurat  bencana alam dinyatakan selesai.

Kegiatan latihan ini selaras dengan perintah harian Kepala Staf TNI Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Yudo Margono, S.E., M.M., yaitu membangun Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul dan professional serta tangguh menghadapi setiap ancaman.

Turut serta dalam kegiatan ini, seluruh personel Lanudal Kupang, Diskes Lantamal VII, BMKG wilayah NTT, unsur BPBD Prov NTT, unsur Basarnas Kupang,  Unsur Tagana serta unsur Masyarakat ( Mahasiswa Undana,  Mahasiswa Unika,  warga rumdis Lanudal Kupang dan masyarakat sekitar Lanudal Kupang).



Anda pembaca ke 95 dari 95