PERSONEL PUSPENERBAL TINGKATKAN KEMAMPUAN DENGAN MENGIKUTI KURSUS TEKNIK DIGITAL DI MALANG
Malang
Diposkan oleh renbang 6 Desember 2019 pukul 06:52:07AM

Reporter : Pen_KolatPenerbal
Editor : Mayor_Solikhin
Fotografer : Klk_Wahyu

Kamis, 11 Desember 2019, Kolat Penerbal merupakan satuan kerja Puspenerbal dengan tugas pokok melaksanakan pembinaan personel di bidang latihan dan pelatihan. Salah satunya yaitu dengan menyelenggarakan Kursus Teknik Digital Penerbangan TNI AL TA 2019 yang merupakan program kursus baru dan pertama kali dilaksanakan oleh Kolat Penerbal di Lingkungan Puspenerbal.

Seiring dengan pesatnya perkembangan teknologi di jaman yang semakin modern, menuntut personel teknisi pengawak pesud untuk semakin membekali dengan ilmu pengetahuan. Karena teknologi dalam pesud sudah berkembang dari teknologi dengan sistem analog menuju sistem digital. Begitupun dengan sistem persenjataannya. Hal ini dibuktikan dengan kedatangan beberapa pesud baru Puspenerbal yang menerapkan Glass Cockpit System, yaitu sistem digital yang terintegrasi dengan sistem navigasi, komunikasi, autopilot, kontrol pesawat, dan monitoring pesawat.

Kursus tersebut dilaksanakan selama 2 bulan. Diikuti oleh sepuluh personel teknisi pesud Puspenerbal. Baik yang berdinas di satuan operasional (Wing Udara) ataupun di satuan pemeliharaan (Fasharkan Pesud). Pelaksanaannya bertempat di PPPPTK BOE (Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Bidang Otomotif dan Elektronika) Malang. Dimulai pada tanggal 28 Oktober 2019 s.d. 05 Desember 2019. Para peserta dibekali dengan pengetahuan teknologi digital oleh para instruktur berpengalaman. Dengan tujuan seusai pelaksanaan kursus bisa menerapkan ilmu yang diperoleh dalam kedinasan sebagai seorang teknisi pesud.
 

Kursus Teknik Digital Penerbangan TNI AL TA 2019, ditutup secara resmi oleh Kabagum PPPPTK BOE Malang, Bapak DR. Abdur Rohim pada hari Rabu tanggal 05 Desember pukul 09.30 WIB. Beliau memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para peserta dalam menimba ilmu di lembaga PPPPTK BOE Malang. Karena selama pelaksanaan kursus, antusiasme dan semangat belajar para peserta sangat tinggi. Beliau juga berharap, bisa bekerja sama kembali dengan Puspenerbal dalam hal pegembangan ilmu pengetahun di bidang elektronika khususnya teknik digital di masa mendatang.

Dalam acara penutupan tersebut Komandan Kolat Penerbal, Kolonel Laut (P) Henoch Nasarius V., S.E., M. Tr (Han) turut hadir memberikan sambutan.  Beliau juga memberikan beberapa point penting kepada para peserta kursus, pertama agar peserta memahami ilmu yang sudah didapat. Kedua, dengan pelaksanaan kursus ini, diharapkan peserta lebih profesional dalam mengaplikasikan ilmu yang telah diperoleh dalam menjalankan tugas di bidang pemeliharaan pesud. Ketiga, agar peserta selalu mematuhi dan melaksanakan SOP (Standart Operational Procedure) dalam menjalankan tugas guna meminimalkan terjadinya -accident di lingkungan Puspenerbal. 

 
Dalam acara penutupan tersebut, disampaikan tiga orang peserta kursus terbaik. Dinilai dari aspek tingkat semangat peserta tersebut dalam belajar, kemampuan menyerap teori yang diajarkan instruktur, dan kedisiplinan. Sebagai peserta terbaik pertama diraih oleh Kls Mpu Sulaiman Rozaq (Fasharkan Pesud), terbaik kedua diraih oleh Serda Mpu Dio Laksamana Sinaga (Skuadron 600 Wing Udara 2), dan peserta terbaik ketiga diraih oleh Letda Laut (E) Brian Fitri Wahyudi, A.Md (Fasharkan Pesud).


Anda pembaca ke 189 dari 189